Jelang Pemilu 2024, Polri Antisipasi Label Haram Demokrasi

Tue, 27 Dec 2022 09:42:34am

Raolnewscom – Polri terus bersiap untuk mengamankan Pemilu 2024. Ancaman terorisme menjadi salah satu hal yang diwaspadai.
“Isu terorisme juga masih muncul. Terakhir kemarin terorisme di wilayah Bandung, di Polsek Astana Anyar ada suicide bom,” ujar Direktur Politik pada Baintelkam Polri, Brigjen Yuda Gustawan, saat webinar sosialisasi Indeks Kerawanan Pemilu 2024, melalui zoom, Selasa (27/12/2022).

Yuda mengatakan masih ada sekelompok orang yang menganggap politik adalah haram. Dia menyebut hal itu dapat menjadi ancaman saat penyelenggaraan pemilu.

“Hasil deteksi kawan-kawan Densus juga masih ada potensi ancaman terorisme, karena beberapa kelompok teror juga masih punya ideologi yang menyatakan bahwa politik dan demokrasi adalah haram bagi mereka, itu otomatis juga jadi ancaman ke depan pada saat penyelenggaraan pemilu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yuda mengatakan politik identitas pun menjadi salah satu fokus pengamanan Polri saat Pemilu. Dia mengatakan dampak politik identitas akan mengganggu keamanan pemilu.

“Yang jadi fokus concern kami dari awal sampai akhir nanti adalah soal politik identitas, itu jelas sudah jadi concern kita bersama. Karena residu pemilu 2019 beberapa masih kita rasakan sekarang, ada polarisasi dari sisi agama, ras, suku, antar golongan dan lain-lain,” katanya.

“Itu pasti akan dijadikan isu paling seksi digunakan parpol maupun capres cawapres untuk menarik simpati pemilih, dan efek domino politik identitas itu nanti akan banyak menimbulkan gangguan keamanan, baik menjelang, saat pelaksanaan, dan pelantikan hasil pemilu dan Pilkada,” sambungnya.

Yuda mengatakan Polri telah menyiapkan sejumlah pengamanan jelang penyelenggaraan Pemilu 2024. Dia menyebut Polri akan melaksanakan Operasi Mantap Brata dan Mantap Praja untuk pengamanan pemilu.

“Kesiapan Polri mengamankan pemilu 2024 dilakukan dengan menggelar Operasi Mantap Brata. Kemudian Operasi Mantap Praja untuk pengamanan Pilkada serentak. Ini semua kita laksanakan mulai tahun 2022 sudah jalan sampai 2024,” tuturnya.(tim)

News Feed

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan Prof Rudy Dilantik Nahkodai Alumni IKA Unila

RAOLNEWS.COM -Pelantikan IKA Unila sempat tertunda 2 tahun baru terealisasi hari ini, 20 April 2024. Acara pelantikan berlangsung di Hotel Grand Mercure hadir Ketua Umum IKA Komjen Pol Prof Rudy…

Beredarnya Video di Pelabuhan Bakauheni, Ini Penjelasan pihak ASDP

RAOLNEWS.COM -Terkait beredar nya video dikalangan wartawan terkait pelayanan pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, ini penjelasan ASDP Bakauheni, Lampung. Penjelasan terkait pelayanan di Pelabuhan Bakauheni pada 14 April 2024, sekitar pk…

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….