Alasan Firli Tidak Meng Ada Ada, Andar GACD : Polisi Belum Kantungi Bukti Materiil Uang Pemerasan Yang Di Tuduhkan

Tue, 7 Nov 2023 09:19:00am

RAOLNEWSCOM – Ketidak-hadiran Ketua KPK Firli Bahuri pada pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Selasa (7/11/2023), karena jadwal KPK di Aceh. KPK meminta jadwal pemeriksaan ulang.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak menjelaskan, Firli sudah dijadwalkan untuk menghadiri acara roadshow bus KPK dan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di Aceh.

Firli menjadi saksi dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Jadi kendala bukan mengada-ada memang itu sudah ada sebelumnya sudah direncanakan,” kata Tanak dalam konferensi pers di gedung Merah Putih KPK.

Tanak melanjutkan penjadwalan ulang dalam pemeriksaan merupakan hal yang lumrah.

“Dalam proses pemeriksaan itu hal biasa reschedule manakala ada kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan,” jelasnya.

Firli sudah dua kali tidak menghadiri pemanggilan.

Sementara itu Andar Sitomorang ketua GACD menilai laporan terhadap Firli Bahuri terlalu mengada ada dan terkesan dipaksakan sampai dengan Tahap Penyidikan.

Andar menjelaskan sampai saat ini polisi belum bisa membuktikan adanya barang bukti sebagaimana yang diamanatkan oleh pasal 184 KUHAP tentang alat bukti.

” Polisi terlalu memaksakan perkara ini, dugaan nya ada penghakiman polisi, kalau yang dituduhkan pemerasan coba polisi tunjukan barang bukti uang pemerasan nya.

Masih dibutuhkan bukti materiil terhadap perkara itu sebagaimana amanat undang undang, ini perkata sampai naik ke Penyidikan apalagi Firli ditetapkan tersangka maka dianggap cacad hukum, sungguh terjadi penzholiman terhadap Firli dan diduga adanya tangan tangan politik yang ikut bermain,” tandas Andar Sitomorang.(tim)

News Feed

Calon DPD RI Almira Nabila Fauzi Raih 55 Ribu Suara di Pringsewu, Ismet Roni : Golkar Bakal Evaluasi Rekomendasi Kader Maju Pilkada 2024

RAOLNEWS.COM – Perolehan suara calon DPD RI Lampung Almira Nabila Fauzi Putri sulung Wabup Pringsewu 2017- 2022 berdasarkan hasil real Count KPU Lampung tanggal 22 Februari 2024 sebesar 299.859 (…

ALMIRA NABILA FAUZI Geser Petahana Abdul Hakim, Unggul 8.82 Persen Dengan Perolehan Suara 215.009

RAOLNEWS.COM – Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2) pukul 16.51 WIB, dengan data masuk 63,69 persen, Adik Mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim itu meraih 405.513 suara atau 16,64 persen….

Petahana DPD RI Lampung Terancam Tergeser, Hasil Quick Count Terpaut 0,5 Persen Dari Almira Fauzi, Pengamat : Quick Count Margin Error 4- 5 Persen

RAOLNEWS.COM- Posisi calon anggota DPD RI Dapil Lampung berdasarkan hitung cepat Rakata masih cair karena posisi Petahana hanya terpaut tidak sampai 1 persen dari pendatang baru Almira Nabila Fauzi. Menurut…

PT PLN UIW Papua dan Papua Barat Budiono Siapkan 1.244 Personel Sukseskan Pemilu 2024

RAOLNEWSCOM – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat menyiapkan 1.244 personel dalam rangka mengamankan sistem kelistrikan di wilayah setempat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk…

GM PLN UIW Papua Budiono Salurkan Program Gerobak Cahaya Bantuan UKM YBM PLN

RAOLNEWS.COM – Dalam Rangka Kunjungan Kerja General Manager PT PLN UIW Papua-Papua Barat berkesempatan menyambangi langsung penerima manfaat (Mustahik) Program Gerobak Cahaya. Dalam kunjungan General Manager PLN UIW Papua dan…