Terdakwa Eksploitasi Anak Akui Sebagai Korlap Demo, Namun ” Ngeles” Bantah Libatkan Anak

Mon, 3 Oct 2022 10:23:25am

RAOLNEWS.COM- Walaupun Jaksa Penuntut Umum sudah memperlihatkan video rekaman pelaksanaan aksi demonstrasi dikantor Kemenag, Kotabumi, Lampung Utara, dimana dalam rekaman terlihat rangkaian jalannya aksi demonstrasi.

Dalam video rekaman terlihat jelas selain terdapat terdakwa Hj. Merry juga adanya keterlibatan anak anak dari santri Ponpes Al Mursyin ikut berdemo bahkan membawa Baner.

Dalam keterangannya, terdakwa Hj.Merry membantah dia yang telah mengajak dan merekrut anak anak pada aksi demonstrasi itu.

Tetapi Hj Merry menjelaskan dalam keterangannya pada sidang ke delapan (8) di Pengadilan Negeri, Kotabumi, Lampung Utara, (/10/2022), mengakui dirinya selalu korlap ( koordinator lapangan) dalam aksi demonstrasi yang dilakukan di Kantor Kemenag Lampung Utara beberapa waktu lalu.

Bahkan seminggu sebelum aksi dirinya mengakui sudah memberikan surat pemberitahuan ke Polres Lampung Utara.

Seminggu sebelum pelaksanaan aksi Demonstrasi, sudah saya kasih pemberitahuan ke Polres, ujar terdakwa.

Namun dari penjelasan terdakwa dihadapan Majelis Hakim mengenai Baner dan perangkat aksi demonstrasi anehnya Hj. Merry selaku koordinator lapangan dia mengakui tidak tahu menahu.

” Tentang Baner saya tidak mengetahui siapa yang membawa dan menurunkannya, karena saat itu dirinya diatas mobil komando, sedangkan Baner berada di kendaraan lain di mobil logistik, ujar Hj.Mery saat memberikan keterangan di hadapan majelis Hakim.

Dalam keterangannya lainnya Hj. Merry membantah membawa santri anak anak. Dirinya mengakui sebelumnya sempat menghubungi Yusran Hamid selaku Pembina Yayasan Tresna Asih untuk mengajak aksi damai, namun saat dihubungi Yusron mengaku sedang berada di pulau jawa dan agar menghubungi ustad Adi Setiadi selaku pimpinan Ponpes Al Mursyin.

Lalu dia pun menghubungi Ustad Adi Setiadi selaku pimpinan Ponpes Al Mursyin melalui WA via Meme melalui broadcast untuk mengajak aksi damai, saat itu dijawab oleh Ustad Adi Setiadi akan membawa 6 orang santri dewasa , ” ujar Hj. Merry dihadapan Hakim.

Sebelumnya pada sidang yang ke empat ( 4) pada tanggal 4 September 2022, ustad Johan Syahril selaku pengawas Yayasan Tresna Asih yang membawahi Pondok Al Mursyin, Kotabumi, Lampung Utara dalam persidangan memberikan keterangan berbeda kepada Hakim.

Saat ditanyakan oleh salah satu majelis hakim yang bertanya apakah pondok Al Mursyin di khususkan untuk santri anak anak.

Saat itu Johan membenarkan bahwa Ponpes Al Mursyin, dikhususkan bagi santri anak anak.

” Benar pak Hakim sepengetahuan saya bahwa Pondok Santri Almursyin, Kotabumi adalah khusus santri anak anak yang umurnya berkisar dari mulai 12 tahun, 14 tahun dan maksimal 16 tahun pak Hakim, tidak ada santri dewasa kecuali pengajarnya, ujar Johan Syahril saat itu dihadapan Majelis Hakim.(tim)

Terdakwa Ekspoitasi Anak Hj. Merry Saat Memberikan Kesaksian Selaku Terdakwa Pada sidang yang ke Delapan (8) di PN. Kotabumi, Lampung Utara.

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…