Dunia Wartawan Pusat Informasi, Sosok Intel Polri Iptu Umbaran Banyak Bertugas Di Tempat Lain

Thu, 15 Dec 2022 10:43:01am

Raolnewscom – Ramai dibicarakan wartawan jadi Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah. Ia adalah Iptu Umbaran Wibowo. Ternyata, Iptu Umbaran adalah seorang intel yang menyamar menjadi wartawan di TVRI.

Dalam dunia intelijen dunia wartawan adalah paling banyak diminati intelijen.

” Dunia wartawan adalah pusat segala informasi, wajar saja sosok Iptu Umbaran berkecimpung dalam dunia wartawan. Seorang intel membutuhkan banyak informasi yang akan disampaikan ke pimpinan dalam rangka pelaksanaan tugas.

Intelsus seperti Iptu Umbaran banyak menyusup ke segala bidang, bukan hanya wartawan saja.

Ada yang masuk dunia LSM atau Pengacara ataupun bekerja di instansi lain.

” ada dua intel di kepolisian, yakni intel organik dan intelsus. Sama sama intel polisi, namun intelsus sifatnya sangat tertutup indentitas aslinya seorang polri ditutup rapat, wartawan itu sumber pasokan informasi terbesar, wajar banyak intel bergabung di dunia wartawan, ” ujar seorang Intelijen di Kepolisian.

Diketahui, Iptu Umbaran Wibowo bekerja selama belasan tahun menjadi wartawan.

Berikut jejak Iptu Umbaran Wibowo yang bermula dari wartawan hingga kini menjabat sebagai Kapolsek.

Iptu Umbaran Wibowo resmi dilantik sebagai Kapolsek Kradenan di Blora, Jawa Tengah pada Senin (12/12/2022). Di saat yang bersamaan, profesi pria tersebut terungkap yaitu sebagai kontributor TVRI Jateng di wilayah Pati.

“Iptu Umbaran betul anggota Polri dan benar pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Iqbal Alqudussy dalam keterangan tertulis, dikutip wartawan Kamis (15/12/2022).

Dirut TVRI Iman Brotoseno mengatakan Iptu Umbaran menjalankan pekerjaannya dengan baik. Iptu Umbaran disebut sebagai kontributor TVRI selama 12 tahun.

“Dalam menjalankan profesinya sebagai kontributor selama sekitar 12 tahun, tidak ada permasalahan. Segala sesuatunya berjalan dengan sangat baik,” kata Iman, dikutip wartawan, Kamis (15/12/2022).

Iman mengatakan jika pihak TVRI sama sekali tidak dirugikan selama penyamaran Iptu Umbaran menjadi wartawan.

“Berkaitan dengan TVRI, tidak ada yang dirugikan. Dalam menjalankan profesinya sebagai kontributor, dijalankan dengan baik. Berita-berita yang dikirim kontributor umumnya juga harus melewati seleksi redaksi di stasiun masing-masing. Jadi tidak otomatis ditayangkan,” ucapnya.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Iqbal Alqudussy mengatakan Iptu Umbaran bukan sebagai pegawai tetap TVRI. Ia hanya melakukan tugasnya sebagai intelijen.

“Dia bukan pegawai tetap TVRI. Dia pernah ditugaskan melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora. Januari Tahun 2021 penugasan tersebut selesai, dan dia pindah menjadi organik polres Blora sebagai kanit intel di Polres Blora. Selanjutnya diangkat sbg Wakapolsek Blora,” kata Iqbal.

Sosok Iptu Umbaran Wibowo
Kini, pria 38 tahun itu resmi menjabat sebagai Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah. Sebelum menjadi Kapolsek, berikut adalah rekam jejak Iptu Umbaran Wibowo berdasarkan informasi yang diterima oleh wartawan.

2008: Memulai karier di kepolisian pangkat brigadir polisi dua (bripda). Ia merupakan lulusan bintara intelijen khusus
2009: Naik pangkat menjadi brigadir polisi satu (briptu)
2013: Berpangkat brigadir polisi
2017: Naik pangkat menjadi brigadir polisi kepala
2018: Iptu Umbaran menyandang pangkat inspektur dua (ipda) dan ditempatkan di Direktorat Intelkam Polda Jateng.
Berikut adalah daftar jabatan Iptu Umbaran setelah menjadi perwira:

Pama Direktorat Intelkam Polda Jateng pada Januari 2018
Pama Polres Blora pada Januari 2021
Kanit VI Sat Intelkam Polres Blora pada Februari 2021
Kanit I Sat Intelkam Polres Blora pada Juni 2021
Wakapolsek Blora pada Juni 2022
Kapolsek Kradenan Desember 2022.
Iptu Umbaran Buka Suara
Dikutip, Iptu Umbaran Wibowo, wartawan jadi Kapolsek membenarkan dirinya pernah menjadi jurnalis. Ia mengatakan hal tersebut merupakan tugas dan perintah dari pimpinan.

“Terkait saya dulu pernah aktif di jurnalistik, itu adalah bagian dari pelaksanaan tugas dan perintah pimpinan,” kata Iptu Umbaran, seperti dilansir wartawan Kamis (15/12/2022).(tim)

Sosok Iptu Umbaran Wibowo Sosok Intelijen Yang berhasil Bertugas di Dunia Wartawan Selama 14 Tahun

News Feed

Rektor IBN Pringsewu Dr Fauzi Bangga Wildan Raih Emas PON XXI Aceh

Pringsewu, Raolnews – Rektor Institut Bakti Nusantara (IBN) Lampung, Dr. Fauzi, dengan bangga menyambut kedatangan M. Wildan, atlet pencak silat yang berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON)…

Kamad MAN 1 Balam Dr Lukman Hakim Bersyukur, Kembali Siswanya Juarai Olimpiade Fisika UIN Raden Intan

Bandarlampung, Raolnews- Kembali menuai prestasi siswa MAN 1 Bandar Lampung dibawah kendali kepala Madrasah ( Kamad ) Dr Lukman Hakim, SPd.MM. Pada ajang Physics Festival 2024 UIN Raden Intan Lampung…

Sidang Penipuan 6,5 Miliar di PN CikarangTerdakwa Bimo Priambodo Ditunda

BEKASI, RAOLNEWSCOM — Sidang ke-tiga kasus penipuan dan pemalsuan yang diduga dilakukan oleh Setyawan Priyambodo alias Bimo harus ditunda oleh Hakim Ketua. Sebelumnya, majelis hakim telah membuka persidangan, Bimo juga…

Imbas Jokowi Lantik Alzier Gubernur, Rakyat Lampung Bakal ” Kelebah” Nikmati Uang Hampir 1 Triliun

Lampung, RAOLNEWS.COM- Alzier minta Jokowi melantik dirinya sebagai Gubernur Lampung dan anggaran Pemilihan Gubernur Lampung 2024 hampir sebesar 1 triliun atau senilai 763 miliar dapat digunakan untuk membangun infrastruktur di…

Rektor IBN Fauzi Buka Open Turnamen Catur

Pringsewu, RAOLNEWS.COM -Perguruan Tinggi Institut Bhakti Nusantara (IBN) Pringsewu-Lampung gelar Open Turnamen Catur Rektor IBN Cup Pringsewu ke-3 tahun 2024. Diikuti 156 peserta dengan menyediakan total hadiah Rp9 juta. Pertandingan…