Effendi Simbolon Bilang Bakal Ada Pergantian 3 Kepala Staf TNI, Dudung : Effendi Simbolon Di Dengerin

Sat, 3 Dec 2022 09:22:27pm

Jakarta, Raolnewscom — Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman buka suara soal kabar rencana rotasi kepala staf TNI angkatan udara, laut, dan darat yang disampaikan anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon.
“Yah, Effendi Simbolon didengerin. Apa hubungannya dia? Dia sebagai apa?” ujar Dudung saat ditemui di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Sabtu (3/12).

Ia tidak bicara banyak soal kabar tersebut. Dudung langsung pergi meninggalkan awak media.

Effendi sebelumnya mengungkap ada rencana Presiden Joko Widodo merotasi KSAU, KSAL, dan KSAD pada awal 2023.

Ia mulanya bicara tentang sosok calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang dinilai sederhana dan tidak melakukan praktik politik.

“Beliau [Yudo], dari track record-nya baik, kinerjanya baik, sederhana, tidak berpolitik praktis. Tidak ada kegenitan cawe-cawe ke kiri kanan. Mungkin buat Presiden nyaman, ya,” kata Effendi, seperti dilansir detikcom, Sabtu (3/12).

Effendi kemudian mengklaim bahwa Jokowi berencana merotasi jabatan KSAL, KSAU, hingga KSAD.

“Sambil menunggu proses pergantian total, mungkin awal tahun? Ganti semua,jebret,”ucapnya.

Tak hanya itu, Effendi mengatakan komandan jenderal Kopassus hingga panglima Kostrad juga akan dirotasi.

“Seluruh tiga kepala staf (TNI), seluruh danjen-danjen, Danjen Kopassus, Pangkostrad, semua itu dirotasi,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini tidak perlu persetujuan dari Komisi I DPR. Ia mengatakan rencana itu bergantung pada tantangan dinamika tahun depan.

“Kalau itu kan ranah sepenuhnya Presiden itu. Enggak, dia nggak perlu konsultasi sama kita. Enggak perlu persetujuan,” tutur Effendi.

Ia kemudian berkata, “Itu kan kita mengkompilasi informasi dan juga melihat tingkat, katakanlah kebutuhan dan tantangan dinamika yang berjalan mulai tahun depan, kan gitu. Ini kan eskalasi naik, gitu,” jelas dia.(tim)

News Feed

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan Prof Rudy Dilantik Nahkodai Alumni IKA Unila

RAOLNEWS.COM -Pelantikan IKA Unila sempat tertunda 2 tahun baru terealisasi hari ini, 20 April 2024. Acara pelantikan berlangsung di Hotel Grand Mercure hadir Ketua Umum IKA Komjen Pol Prof Rudy…

Beredarnya Video di Pelabuhan Bakauheni, Ini Penjelasan pihak ASDP

RAOLNEWS.COM -Terkait beredar nya video dikalangan wartawan terkait pelayanan pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, ini penjelasan ASDP Bakauheni, Lampung. Penjelasan terkait pelayanan di Pelabuhan Bakauheni pada 14 April 2024, sekitar pk…

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….