Ancaman Kapolda Metro Jaya Bukan Hisapan Jempol, Setelah KPK Proses M Suryo Giliran Firli Bahuri Di Tetapkan Tersangka

Fri, 15 Dec 2023 09:01:38am

RAOLNEWS.COM- Benarkah Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto pernah mengancam akan menggulung pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bila berani menetapkan Muhammad Suryo sebagai tersangka dalam kasus korupsi di Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan?

Soal ancaman ini disampaikan Ketua Nonaktif KPK Firli Bahuri dalam replik yang disampaikan di sidang praperadilan di PN Jakarta Selatan, Rabu (13/12).

Namun Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango membantah pernyataan Firli itu. Bantahannya itu antara lain dimuat CNN, Kamis pagi (14/12).

Merespon bantahan Nawawi itu, Firli dalam pesan yang diterima redaksi kembali mengatakan bahwa ancaman terhadap pimpinan KPK itu ada. Nawawi pun tahu soal itu. Bahkan sempat dibawa ke dalam rapat pimpinan.

Rapat pimpinan membicarakan berbagai opsi tindakan, mulai dari melaporkan ancaman ini ke Komisi III DPR RI, sampai meminta bantuan pengamanan kantor dan pimpinan KPK ke Panglima TNI. Ini disarankan Nawawi di dalam rapat itu.

Bahkan, Nawawi juga menyarankan dalam rapat pimpinan agar Ketua KPK Firli Bahuri meminta waktu bertemu Presiden Joko Widodo untuk melaporkan perkembangan penanganan tugas KPK.

“Ancaman itu memang ada. Kalau Suryo jadi tersangka maka semua pimpinan akan digulung. Itu kata-kata Karyoto ke Pak (Johanis) Tannak melalui telepon dan didengar oleh ajudan Pak Tannak dan driver. Selanjutnya disampaikan ke Pak Alex (Marwata),” tulis Firli Bahuri dalam pesannya pada redaksi.

“Bahkan sempat dibahas bersama saya, Pak Tannak, Pak Nawawi, Pak Alex, Sekjen, Karo Hukum. Pak Nawawi meminta saya membuat surat ke Panglima TNI untuk meminta bantuan pengamanan kantor dan pimpinan KPK,” sambung Firli lagi.

Selain itu, masih kata Firli, dalam rapat pimpinan juga diputuskan untuk membuat surat kepada Presiden Joko Widodo. Pimpinan KPK juga berencana melaporkan ke komisi III DPR RI.

“Nawawi yang menyampaikan di forum rapat agar Pak Ketua membuat surat ke Panglima TNI untuk bantuan pengamanan. Berarti Nawawi mengetahui bahwa ancaman benar adanya. Jadi jangan menghindar karena fakta ancaman itu ada,” tegas Firli Bahuri lagi.

Selain memberikan penjelasan mengenai ancaman, kepada redaksi Firli juga melampirkan file PDF surat yang dibuat KPK untuk Panglima TNI dan Presiden RI.

Kedua surat ditandatangani pada 20 Oktober 2023.

Surat Pimpinan KPK untuk Panglima TNI bernomor SR/150/RT.06/01-53/10/2023, sementara surat untuk Presiden RI bernomor B/8079/RT.06/01-53/10/2023.

Sumber Berita / Artikel Asli : rmol

News Feed

Sidang Penipuan 6,5 Miliar di PN CikarangTerdakwa Bimo Priambodo Ditunda

BEKASI, RAOLNEWSCOM — Sidang ke-tiga kasus penipuan dan pemalsuan yang diduga dilakukan oleh Setyawan Priyambodo alias Bimo harus ditunda oleh Hakim Ketua. Sebelumnya, majelis hakim telah membuka persidangan, Bimo juga…

Imbas Jokowi Lantik Alzier Gubernur, Rakyat Lampung Bakal ” Kelebah” Nikmati Uang Hampir 1 Triliun

Lampung, RAOLNEWS.COM- Alzier minta Jokowi melantik dirinya sebagai Gubernur Lampung dan anggaran Pemilihan Gubernur Lampung 2024 hampir sebesar 1 triliun atau senilai 763 miliar dapat digunakan untuk membangun infrastruktur di…

Rektor IBN Fauzi Buka Open Turnamen Catur

Pringsewu, RAOLNEWS.COM -Perguruan Tinggi Institut Bhakti Nusantara (IBN) Pringsewu-Lampung gelar Open Turnamen Catur Rektor IBN Cup Pringsewu ke-3 tahun 2024. Diikuti 156 peserta dengan menyediakan total hadiah Rp9 juta. Pertandingan…

Terpilih Secara Sah Dan Demokratis, Presiden Jokowi Wajib Menjamin Hak Konstitusi Alzier

LAMPUNG, RAOLNEWS.COM- Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) diminta bersikap tegas dan harus bisa memastikan hak politik M.Alzier Dianis Thabranie sebagai Gubernur Lampung Terpilih yang hingga kini tak kunjung dilantik. Padahal…

Tokoh Agama Pringsewu Ngeluruk Partai Demokrat, Ambilkan Formulir Bupati Untuk Fauzi

RAOLNEWS.COM–Tokoh agama Kabupaten Pringsewu, mengambilkan formulir untuk DR.Fauzi dengan posisi bakal calon Bupati Pringsewu di Sekretariat DPD Partai Demokrat pringsewu, di Pekon Tambahrejo, Gadingrejo. Kedatangan tokoh agama terdiri delapan Ustadz…