IPW Nilai Ada Dugaan Rekayasa Kasus Dan Tidak Profesional Penanganan Kasus AKBP Mindo Tampubolon

Tue, 8 Nov 2022 05:04:47pm

Raolnewscom- Masih ingat kasus kontroversi pembunuhan istri melibatkan suaminya AKBP Mindo Tampubolon, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mendatangi Bareskrim Polri untuk mendampingi pihak AKBP Mindo Tampubolon, yang telah divonis bersalah membunuh istrinya pada 2011. Menurut Sugeng, ada dugaan rekayasa kasus dan tindakan tak profesional dalam pengusutan perkara tersebut.
“IPW telah meneliti berkas perkara tersebut dan IPW berpendapat bahwa ada dugaan unprofessional conduct di dalam penanganan kasus ini dan potensi adanya dugaan peradilan sesat,” kata Sugeng di Bareskrim Mabes Polri, Selasa (8/11/2022).

Sugeng datang ke Bareskrim untuk mendampingi pihak AKBP Mindo. Ibu korban, Putri Mega Umboh (25), Getruida Winanda Mosse, yang tak lain adalah mertua dari AKBP Mindo, turut hadir di Bareskrim.

Sugeng mengatakan dugaan rekayasa kasus tersebut juga terbukti lewat pengakuan orang suruhan yang membunuh istri AKBP Mindo. Orang tersebut, menurut dia, menjelaskan telah memberikan pernyataan pembunuhan yang dilakukan bukan atas perintah dari AKBP Mindo.

“Karena pelakunya yaitu Ujang dan Ros telah mengakui bahwa pak Mindo Tampubolon tidak pernah menyuruh melakukan untuk perbuatan tersebut,” ujarnya

Sugeng menjelaskan, berdasarkan laporan penyidikan yang dilakukan, peristiwa pembunuhan tersebut terjadi pada 24 Juni 2011 sekitar pukul 07.45 WIB di kediaman AKBP Mindo. Namun, dalam berita acara pemeriksaan (BAP) AKBP Mindo, pada waktu tersebut dirinya tengah diantarkan oleh sang istri menuju Polda Kepri.

Sugeng menambahkan, tersangka Gugun Gunawan alias Ujang yang berhasil ditangkap polisi pada 26 Juni 2011, mengaku membunuh istri AKBP Mindo dengan alasan ingin merampok hartanya.

“Nah kami telah meneliti dokumen tersebut dan hari ini bagaimana kami memperjuangkan nasibnya. Ada tiga kasus yang lalai ditindaklanjuti oleh kepolisian yang dapat membuka tabir setidak-tidaknya motif,” papar Sugeng.

Kasus AKBP Mindo
Cerita berawal saat istri Mindo tewas dibunuh di rumahnya di kawasan Batam, Kepulauan Riau. Pelaku pembunuhan adalah pembantu Mindo dan pacarnya, keduanya masing-masing dihukum dengan hukuman 15 dan 20 tahun penjara di tingkat PN. Mindo sendiri dinyatakan tak bersalah.

Putusan ini dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Riau. Di tingkat kasasi, putusan mengejutkan Mindo karena tiba-tiba saja Mindo divonis penjara seumur hidup.

Kemudian, AKBP Mindo telah mengajukan penijauan kembali (PK). Namun, ditolak oleh MA.

“Kita ditolong oleh keterangan pelaku sebenarnya. Putusan AKBP Mindo itu fakta yang sesat. PK pertama itu sudah diajukan ditolak. Makanya ini diangkat lagi dan akan diajukan PK kedua dengan keterangan pelaku utama dalam kasus ini,” kata kuasa hukum AKBP Mindo, Hery Hartono.

Menurut Hery, pihak AKBP Mindo sebenarnya akan membuat laporan polisi soal dugaan rekayasa kasus tersebut. Namun polisi belum menerima laporannya karena alasan legalitas.

“Tapi penerimaan pengaduan sudah diproses, dan ada buktinya. Untuk LP legal standing yang harus kita perbaiki,” katanya.(tim)

Ada Rekayasa Kasus Dan Tidak Profesional Penanganan Perkara AKBP Mindo Menurut IPW

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…