Krimsus Polda Lampung Wajib Turun Usut Dugaan Bantuan Sejumlah Ponpes Di Duga Fiktif Di Bandar Lampung

Sat, 25 Mar 2023 06:37:27am

Kantor Dinsos Bandar Lampung

RAOLNEWSCOM- Pemerintah Kota (Pemkot) menganggarkan Rp4,25 miliar untuk bantuan 85 pondok pesantren pada 2023. Dana tersebut disalurkan menjadi Rp50 juta untuk tiap ponpes. Namun, ternyata santunan tersebut didapatkan sejumlah ponpes fiktif.

Ketua Organisasi Rakyat Lampung, ( ORI ), Rasyid Azis, Sabtu 25-3-2023, mengatakan untuk membuat terang ada atau tidaknya dugaan bantuan fiktif dia meminta Krimsus Polda Lampung wajib turun langsung untuk membuat terangnya dugaan bantuan fiktif yang saat ini sedang viral.

” Untuk membuat terang ada atau tidak dugaan bantuan le sejumlah ponpes yang di duga fiktif wajib krimsus Polda Lampung turun ke lapangan agar di usut sampai tubtas, ” ujar Rasyid Azis.

Berdasarkan penelusuran beberapa wartawan lokal di Bandar Lampung , di antara pondok yang mendapatkan bantuan itu adalah salah satu ponpes di Jalan Cut Nyak Dien, Kelurahan Palapa, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, lokasi tersebut tidak pernah ada aktivitas santri. Lokasi itu hanya memiliki spanduk nama pondok .

“Gak ada santrinya itu mah. Mereka kakak beradik sama yang punya madrasah yang di Jalan Chairil Anwar,” kata warga yang enggan disebutkan namanya.

Begitu pula saat ditelusuri kegiatan pondok di Jalan Chairil Anwar, Durian Payung, Tanjungkarang Pusat, juga tidak ada aktivitas santri. Bahkan pagar depan sedang digembok.

Warga sekitar, Agung, mengatakan tempat tersebut sebagai sekolah keagamaan madrasah.

“Gak tau Ponpes apa bukan tapi gak pernah lihat santrinya. Dulu beberapa tahun lalu ada santrinya sekarang gak ada,” katanya.

Wartawan turut mencoba mengkonfirmasi dugaan tersebut kepada pengurus ponpes di Jalan Chairil Anwar tersebut. Namun, pesan WhatsApp dan telepon yang dilayangkan tidak di jawab. Bahkan, usai sambungan kontak tersebut, nomor yang hendak dikonfirmasi langsung tidak dapat terhubung kembali.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, terdapat empat unsur pendidikan Islam dikategorikan Ponpes, yaitu ada masjid, kyai, pondok atau asrama, dan pengajian kitab.

Sementara itu, berdasarkan data resmi dari lampung.kemenag.go.id, jumlah ponpes yang terdata dan resmi di Kemenag Kota Bandar Lampung, terdapat 61 Ponpes.

Sekretaris Dinsos Bandar Lampung, Santoso, enggan memberikan komentar terkait bansos ponpes itu. Dia meminta untuk langsung menanyakan ke Kabidsos Bandar Lampung. “Langsung saja ke Kabid Kesos,” katanya.

Plt Kepala Dinas Sosial Bandar Lampung, Aklim Sahadi, belum memberikan respon sejak Jumat. Kantor Dinsos pun tidak ada pegawai saat mencoba untuk konfirmasi dan meminta keterangan terkait persoalan itu.(tim)

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…