Mahkamah Agung Kabulkan Kasasi Jaksa Hukum Mati Terdakwa 92 Kilo Sabu, Sebelumnya Di Vonis Bebas Pengadilan

Mon, 7 Nov 2022 01:14:26am

Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Nanang Sigit Yulianto,SH.
Raolnewscom- Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Nanang Sigit Yulianto mengapresiasi kerja para jaksa atas vonis bebas terdakwa peredaran 92 kilogram sabu di pengadilan negeri. Kasasi Jaksa M. Roosman Yusa atas vonis bebas atas terdakwa M. Sulton dikabulkan Mahkamah Agung (MA) pada 3 November 2022 lalu.

“Saya selaku kajati Lampung sangat mengapresiasi kerja keras para jaksa yangg tidak menyerah dengan putusan hakim di tingkat pengadilan negeri yang membebaskan terdakwa,” katanya, Minggu, 6 November 2022.

Dia juga mengapresiasi keputusan MA yang mengabulkan kasasi Jaksa M. Roosman Yusa. “Kami juga mengapreasi MA yang telah mengabulkan kasasi kami sehingga terdakwa layak dijatuhi hukuman mati sesuai dengan tuntutan Jaksa. Mafia narkoba harus dilawan bersama-sama dan jangan dikasih kendor,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan jaksa tidak pernah takut atas vonis bebas karena masih ada celah hukum untuk melawannya. “Dikabulkannya kasasi membuktikan jaksa tidak pernah takut dan khawatir dengan putusan bebas selagi masih ada pintu atau celah untuk upaya hukum. Karena jaksa selalu yakin ketika sudah berani melimpahkan perkara ke pengadilan itu artinya yakin perkara itu bisa dibuktikan,” katanya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) disebut mengabulkan kasasi Jaksa Kejati Lampung M. Roosman Yusa, atas vonis bebas di tingkat pertama terdakwa peredaran sabu 92 kilogram dengan terdakwa M. Sulton. Penelusuran Lampost.co di website info perkara Mahkamah Agung, perkara dengan nomor 13/Pid.Sus/2022/PNTjk dipimpin Ketua Majelis Hakim Suhaidi, dan hakim anggota Soesilo dan Suharto, serta panitera pengganti Nur Kholida Dwi Wati.

“Kabul,” bunyi amar putusan dari info perkara Mahkamah Agung yang dilhat wartawan l, Minggu, 6 November 2022.

Sementara, Kasipenkum Kejati Lampung, I Made Agus Putra, menyebutkan pihaknya belum mendapatkan informasi tersebut secara resmi, termasuk salinan putusan secara lengkap. “Kami belum menerima salinan putusannya,” ujarnya, 6 November 2022.

Sebelumnya, M Sulton divonis bebas pada sidang di PN Tanjungkarang pada 21 Juni 2022 yang lalu. Dia lolos dari tuntutan mati yang diajukan jaksa. Sementara dua pelaku lainnya yang berstatus kurir, Razif Hazif (24), dan Nanang Zakaria (29), mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas vonis di tingkat banding yang dijatuhkan terhadap keduanya.(tim)

News Feed

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan Prof Rudy Dilantik Nahkodai Alumni IKA Unila

RAOLNEWS.COM -Pelantikan IKA Unila sempat tertunda 2 tahun baru terealisasi hari ini, 20 April 2024. Acara pelantikan berlangsung di Hotel Grand Mercure hadir Ketua Umum IKA Komjen Pol Prof Rudy…

Beredarnya Video di Pelabuhan Bakauheni, Ini Penjelasan pihak ASDP

RAOLNEWS.COM -Terkait beredar nya video dikalangan wartawan terkait pelayanan pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, ini penjelasan ASDP Bakauheni, Lampung. Penjelasan terkait pelayanan di Pelabuhan Bakauheni pada 14 April 2024, sekitar pk…

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….