Pengrusakan Aset PT GAJ Mantan Dewan Di Tetapkan Tersangka, AKBP Dolfie Himbau Pelaku Lain Menyerahkan Diri

Fri, 25 Nov 2022 05:50:48pm

Raolnewscom – Polres Lampung Tengah (Lamteng) menetapkan delapan orang pelaku yang diduga terlibat dalam aksi pengrusakan pembakaran dan pencurian aset milik PT Gunung Aji Jaya (GAJ) di Kecamatan Pubian, satu diantaranya mantan Wakil Ketua DPRD Lamteng Raden Sugiri.

Sedangkan 3 orang lainya dilimpahkan ke Sat Narkoba Polres Lamteng, karena urinenya positif mengandung amphetamine dan kepemilikan sabu-sabu. Sementara lima orang lainnya sedang dilakukan pendalaman pemeriksaan.

Sebelumnya, team gabungan Polres Lampung Tengah, mengamankan 16, orang dari sejumlah lokasi di kecamatan Pubian, atas dugaan terlibat aksi masa merusak dan membakar aset PT GAJ, di Kampung Negeri Ratu, Kecamatan Pubian. Lampung Tengah.

Menurut Kapolres Lamteng, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, Peristiwa itu bermula dari pembakaran dan pengerusakan yang disertai pencurian dilakukan secara bersama-sama oleh sekelompok massa terhadap aset milik PT. GAJ, Sabtu (19/11/2022).

“Dari 16 orang yang diamankan, delapan orang diantaranya telah ditetapkan sebagai tersangka, 3 orang hasil test urinenya positif mengandung amphetamine. Kemudian 4 orang lainya sedang dalam pendalaman pemeriksaan secara marathon untuk pengembangan terhadap tersangka lainnya, ” jelas Kapolres Lampung Tengah AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, Jumat (24/11/2022)

Kapolres mengatakan para pelaku yang diduga terlibat dalam aksi masa merusak, membakar dan mencuri aset PT GAJ, telah ditetapkan menjadi tersangka yakni.

1). RZ (59) warga Kampung Negri Ratu,
2). BD (40) warga Kampung Gunung Raya.
3). HR (48) warga Kampung Negeri Ratu.
4). A$ (63) warga Kampung Negri Ratu.
5). JP (40) warga Kampung Tanjung Kemala
6). AH (38) warga Kampung Tanjung Kemala.
kesemuanya dari Kecamatan Pubian Lamteng.
7). ID (48) warga Kampung Gunung Aji
8). SM (tuna wicara) warga Kampung Padang Ratu Kecamatan Padang Ratu Lamteng.

“Kemudian 3 orang serahkan ke Sat Narkoba Polres Lamteng karena urinenya positif mengandung amphetamine dan kepemilikan Narkotika jenis Shabu-shabu, ” jelas Kapolres.

Ketiganya yakni.
1). PZ (33) warga Kampung Negeri Ratu,
2). DT (28) warga Kampung Tanjung Kemala,
3). YA (17) .

“Selain mengamankan para pelaku petugas juga mengamankan Barang- bukti, 2 unit Mobil dan 11 motor dari berbagai merk, ” terang AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya.

Barang-bukti yang berhasil diamankan petugas dari warga yakni.
Senjata tajam (Sajam), jenis tombak 4 bilah, Keris 8 bilah, golok 5, bilah kampak 1 bilah, Badik 1 bilah, gergaji mesin (Chsinsow), 1, pedang 1 bilah dan 1 unit Grenda.

“Kemudian Narkoba 13,78 Gram Shabu-shabu. Serta 27 unit motor, ” paparnya.

Para pelaku dijerat dengan Pasal , sesuai dengan tindak pidana yang dilanggar masing-masing orang.

Pasal 14 ayat (1) dan (2) dan pasal 15 UU No. 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan pasal 170 dan pasal 160 KUHPidana ancaman hukuman (10 tahun penjara).

Pasal 187 KUHP dan pasal 170 KUHP, Pasal 187 KUHP dan pasal 170 KUHP Dengan ancaman 12 tahun penjara.

“Sedangkan yang diduga terlibat dalam tindak pidana penyalahgunaan Narkoba dijerat dengan UU. No 35 Tahun 2009, tentang Narkotika, ” pungkasnya.

Sebelumnya Polres Lampung Tengah juga telah menetapkan 7 orang tersangka terkait aksi penghadangan petugas patroli gabungan
Senin (21/11/2022).

Para pelaku yang sudah ditetapkan sebelumnya yakni.
1). NS (38), warga Kampung Tanjung Kemala .
2). ZA ( 28), Kampung Negeri Kepayungan.
3). HL (26 ), warga Kampung Gedung Harga.
4). MF (19 ), Kampung Negeri Kepayungan
5). HR ( 70) Kampung Gunung Raya.
6). AS (70) , warga Kampung Gunung Raya
7). YN (21) Kampung Gedung Harta.

Total jumlah warga yang diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Lamteng, sejumlah 24 orang.

Kapolres menghimbau para pelaku yang masih berkeliaran untuk menyerahkan diri, sebelum dilakukan penindakan.(tim)

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…