Polda Lampung Kalah Praperadilan Terkait SP3 Pemalsuan korban Farid Firmansyah

Wed, 7 Dec 2022 11:46:54am

Raolnewscom- Hakim kabulkan praperadilan perkara dugaan pemalsuan tandatangan
Sidang lanjutan putusan pada praperadikan Polda Lampung, Selasa 6 Desember 2022.

Kami mengapresiasi atas fakta-fakta hukum yang dipertimbangkan dalam putusan hakim, penilaiannya sudah sangat objektif, kata Yogie.

Ketua Majelis Hakim Samsumar Hidayat mengabulkan permohonan praperadilan antara Farid Firmansyah selaku pemohon dan Polda Lampung selaku termohon.

Hakim tunggal Samsumar Hidayat dalam persidangan memerintahkan agar Polda Lampung kembali melanjutkan penyidikan atas perkara dugaan pemalsuan tandatangan.

“Memerintahkan agar penyidikan terhadap pemohon atas nama Farid Firmansyah dilanjutkan,” katanya saat membacakan putusan praperadilan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang Kelas IA Bandarlampung, Selasa.

Dia melanjutkan dalam putusan tersebut, hal yang menjadi pertimbangan salah satunya adalah barang bukti yang telah dihadirkan oleh Bidang Hukum (Bidkum) Polda Lampung terkait penghentian penyidikan tidak memenuhi alasan.

“Menyatakan bahwa Surat Ketetapan Nomor: S.Tap/18/III/RES.1.24./2021 tentang Penghentian Penyidikan tanggal 31 Maret 2021, terhadap laporan polisi Nomor: LP/B-212/II/2019/LPG/SPKT, tanggal 11 Februari 2019 atas dugaan tindak pidana pemalsuan yang diterbitkan oleh termohon dinyatakan batal atau tidak sah,” kata hakim.

Bidkum Polda Lampung, Yulizar Fahrulrozi Triassaputra mengatakan, pihaknya menghargai putusan yang telah dibacakan oleh majelis hakim.

Upaya yang dilakukan ke depan, lanjut dia, pihaknya akan mengembalikan kepada penyidik Polda Lampung atas perintah hakim.

“Selanjutnya kita kembalikan lagi ke penyidik terkait perkara ini, tapi kan terkait SP3 ini harus ada bukti baru untuk melanjutkannya. Kita lihat nanti dari penyidik,” katanya.

Tim penasihat hukum Ahmad Firmansyah dari kantor Ahmad Kurniadi dan Partners, Yogie Saputra PJ mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas seluruh hal yang telah dipertimbangkan oleh majelis hakim.

“Kami mengapresiasi atas fakta-fakta hukum yang dipertimbangkan dalam putusan hakim, penilaiannya sudah sangat objektif,” kata Yogie.

Dalam putusan tersebut, tambah dia, pihaknya berharap Polda Lampung dapat segera melaksanakan apa yang sudah ditetapkan oleh majelis hakim serta dapat melanjutkan penyidikan terhadap laporan yang telah dilayangkan oleh pemohon.

“Kita memohon kerja samanya agar Polda Lampung dapat melanjutkan penyidikan terhadap laporan klien kami. Apa yang telah diputuskan oleh hakim harus sama-sama kita hormati, dan saya harap dapat segera dilaksanakan oleh semua pihak,” tutup Putri Septia bersama Ahmad Kurniadi.(ANTARA)

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…