Profil Lusmelia Afriani, Rektor yang Titip Anak Kuliah Kedokteran Unila

Fri, 7 Apr 2023 11:45:08am

RAOLNEWS COM– Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Lusmeilia Afriani menjadi sorotan setelah namanya muncul di persidangan lanjutan suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Unila. Ia disebut menitipkan anaknya untuk masuk ke Fakultas Kedokteran jauh sebelum dirinya menjabat sebagai Rektor Unila.
Fakta itu muncul ketika jaksa KPK menampilkan nama-nama pejabat yang menitipkan calon mahasiswa ke Unila jalur mandiri. Ketika ditanya oleh hakim anggota, Edi Purbanus, eks Rektor Unila Prof Karomani membenarkan bahwa anak Lusmeilia termasuk salah satu calon mahasiswa yang dititipkan.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Lusmeilia. Ia mengatakan, anaknya lulus melalui jalur SBMPTN yang notabene tidak ada sistem titip-menitip mahasiswa.

“Anak saya lulus jalur SBMPTN. Setahu saya, jalur ini tidak ada titip-titipan,” katanya ketika dikonfirmasi terpisah.

Namun, siapakah sosok Lusmeilia Afriani ini? Mari simak profil dan sejumlah fakta dari rektor wanita pertama Unila ini di bagian berikut!

Biodata Singkat Lusmeilia Afriani
Nama: Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.IPM
Tempat/Tanggal Lahir: Palembang, 10 Mei 1965
Agama: Islam
Orang Tua: Razioen (ayah) dan Dra. Lensiyana (ibu)
Profesi: Rektor Universitas Lampung (2023-2027)

Riwayat Pendidikan
D-3 Teknik Sipil, Universitas Lampung (1988)
S-1 Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (1991)
S-2 Teknik Sipil, Universite Nantes (1999)
S-3 Teknik Sipil, Universite de Caen, France (2004)
Perjalanan Karier
Lahir di Palembang, 10 Mei 1965, Lusmeilia Afriani merupakan anak sulung dari pasangan Razioen (meninggal 2016) dan Dra. Lensiyana (meninggal 2017). Akrab disapa Lusi, ia meniti kariernya dengan menempuh pendidikan di dunia teknik sipil.

Setelah lulus dari Universitas Lampung pada 1988, Lusmeilia melanjutkan pendidikan pascasarjana hingga ke Negeri Eiffel. Dilansir laman resmi PDDikti, ia mendapatkan gelar masternya di Universite Nantes dan gelar doktoral di Universite de Caen.

Ilmu yang telah ia dapatkan jauh-jauh di Prancis lantas ia manfaatkan untuk mengabdi pada kampung halaman. Sebelum menjadi rektor pada almamaternya, pasangan dari Ir. Yan Juansyah ini telah menduduki sejumlah posisi antara lain:

Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Lampung (2005-2009)
Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung (2009-2013)
Kepala Laboratorium Mekanika Tanah, Fakultas Teknik Universitas Lampung (2014-2020)
Pj Wakil Rektor IV bidang kerjasama Universitas Lampung (2015)
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat/LPPM (2020-sekarang)

Barulah pada 28 Desember 2022 lalu, Lusi terpilih menjadi rekto Unila yang baru dalam rapat senat tertutup Pemilihan Rektor di Gedung Rektorat Unila. Ia berhasil mengalahkan kandidat lain, yakni Prof Suharso dan Prof Asep Sukohar, dengan perolehan 44 suara dari 71 suara.

Diberitakan laman unila.ac.id, Lusi secara resmi dilantik sebagai Rektor Unila periode 2023-2027 dalam acara Pelantikan Pejabat Kemendikbudristek di Gedung Kemendikbud lantai tiga, Jakarta, pada 18 Januari 2023.

Fakta Lainnya tentang Lusmeilia Afriani
Lusmeilia Afriani menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki posisi rektor di Unila
Sebagai besar anggota keluarga Lusmeilia berkecimpung di dunia kesehatan, mulai dari sang ayah, ketiga adik kandungnya, hingga dua adik iparnya.
Dari pernikahannya dengan Ir. Yan Juansyah, Lusi dikaruniai dua orang anak bernama Zaraz Obella Nuradliyani dan Zaraz Elodya Ramadania.
Kedua putri Lusi juga termasuk orang kesehatan, di mana anak pertamanya tengah menjalani pendidikan S2 di FK UI, sedangkan anak keduanya berkuliah di FK Unila.(**)

News Feed

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan Prof Rudy Dilantik Nahkodai Alumni IKA Unila

RAOLNEWS.COM -Pelantikan IKA Unila sempat tertunda 2 tahun baru terealisasi hari ini, 20 April 2024. Acara pelantikan berlangsung di Hotel Grand Mercure hadir Ketua Umum IKA Komjen Pol Prof Rudy…

Beredarnya Video di Pelabuhan Bakauheni, Ini Penjelasan pihak ASDP

RAOLNEWS.COM -Terkait beredar nya video dikalangan wartawan terkait pelayanan pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, ini penjelasan ASDP Bakauheni, Lampung. Penjelasan terkait pelayanan di Pelabuhan Bakauheni pada 14 April 2024, sekitar pk…

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….