Toni Fisher : Kesaksian Refli Harun Terdakwa Eksploitasi Anak Tidak Langgar Hukum Ngawur

Sat, 1 Oct 2022 02:14:50pm

Toni Fisher Direktur Lembaga Pemerhati Perempuan dan Anak Lampung
RAOLNEWS.COM – Direktur Lembaga Pemerhati Perempuan dan Anak Lampung, Tony Fisher menyesalkan pernyataan Refli Harun saat memberi kesaksian sidang perkara eksploitasi anak dengan terdakwa Hj. Merry di PN. Kotabumi, Lampung, Utara Senin ( 26/9/2022) lalu.

Sebagai aktivis pemenuhan hak anak dan perlindungan anak, saya sangat menyesal kan pernyataan dari Refly Harun Yang Nota Bene ahli hukum.

“Jangan jangan beliau gak pernah baca apa itu undang undang perlindungan anak dan pasal pasal nya, ujar Toni yang juga aktif di Organisasi KBPP Polri selaku Wakil Ketua di Bandar Lampung.

Dijelaskan di dalam Undang Undang Perlindungan Anak Nomor 35 tahun 2014 yang merupakan perubahan pertama dari Undang-undang Perlindungan anak Nomor 23 tahun 2002, jelas ada pasal 76 H juncto pasal 87, dilarang melibatkan anak.

” Jadi nya saya berpikir, wajar saja kalau kasus kekerasan terhadap anak masih dan terus terjadi, karena ternyata tidak semua masyarakat, bahkan setingkat yang sudah ahli saja bisa jadi belum tahu atau belum memahami, maka saran saya kepada pemerintah dari pusat sampai daerah harus masif mensosialisasikan Undang undang Perlindungan anak, dari tingkat atas dulu baru sampai tingkat bawah.

” Jadi nya saya berpikir, wajar saja kalau kasus kekerasan terhadap anak masih dan terus terjadi, karena ternyata tidak semua masyarakat, bahkan setingkat yang sudah ahli saja bisa jadi belum tahu atau belum benar benar memahami, maka saran kepada pemerintah dari pusat sampai daerah harus masif mensosialisasikan Undang undang Perlindungan anak, dari tingkat atas dulu baru sampai tingkat bawah.

Selanjutnya, kepada majelis hakim dan jaksa yang melaksanakan sidang ini, saya minta harus tetap berpegang teguh pada Undang undang perlindungan anak, mohon jangan di langgar, kalau ini dilanggar, akan menimbulkan penurunan kepercayaan publik atas penegakan hukum di Lampung Utara, Lampung dan di Indonesia, apalagi ini hukum dengan undang-undang perlindungan anak yang lexspesialis.

” Sehingga bila hukum ditegakkan dengan tegas oleh Hakim dan Jaksa, menjadi edukasi kepada publik bahwa melibatkan anak dalam kegiatan politik dan lain sebagainya yang membahayakan keselamatan, kesehatan anak ada sanksi pidananya, akhir Toni Fisher. (tim)

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…