Antisipasi Radikalisme Dan Intoleransi, MAN 1 Bandar Lampung Gelar Seminar

Wed, 1 Feb 2023 03:44:53am

Raolnewscom – Civitas akademika MAN 1 Bandar Lampung mengikuti Pembinaan Wawasan Kebangsaan, pada Selasa (31/01/2023) yang dilaksanakan di gedung serba guna sekolah setempat.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Sinergitas Guna Mencegah Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme” bertujuan, guna mencegah masuknya paham radikalisme di lingkungan madrasah.

Kepala MAN 1 Bandar Lampung, Lukman Hakim,S.Pd.M.M mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan ini.

“Kegiatan ini dapat menumbuhkan dan memantapkan ideologi pancasila dan ini tentu sangat penting demi menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Bidang Madrasah Provinsi Lampung, Ahmad Rifai,S.E.M.M mengatakan, untuk mencegah paham radikalisme Kemenag sudah melakukan berbagai upaya. Di antaranya,dengan membentuk tim anti radikalisme, mensosialisasikan moderasi beragama dan mengimbau untuk selalu memiliki cinta tanah air dan bela negara.

“Mudah-mudahan dengan pembinaan ini dapat memperkokoh mentalisme dan pemahaman ideologi pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber yakni, Ipda Solikhin dari Polda Lampung menjelaskan, pembinaan diawali dengan pemaparan tentang sejarah paham anti radikalisme dan Terorisme di Indonesia.

Dicontohkan pula, beberapa kejadian di Timur Tengah seperti Suriah, Taliban dan Afghanistan hingga tindak pidana terorisme di Indonesia.

“Paham radikalisme menjadi momok yang menakutkan bagi keutuhan bangsa,apalagi saat ini banyak berita hoax yang juga berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Ipda Solikhin juga menegaskan, pengikut paham radikalisme tidak menganut toleransi. Penganut radikalisme sangat fanatik terhadap madhab tertentu.

“Jangan sampai kita terpapar dari sisi pemahaman ( intoleransi), jangan sampai kita terpapar dari sisi sikap (radikalisme), dan jangan sampai kita terpapar dari sisi tindakan (terorisme),” pungkas Solikhin.(*)

News Feed

Dr Fauzi Wakafkan Tanah Untuk NU Sukoharjo

Pringsewu, Raolnews– Bakal Calon Bupati Pringsewu yang juga Wakil Bupati Pringsewu Periode 2017 – 2024 DR H. Fauzi, SE, M.Kom, A.Kt, C.A.MA mewakafkan sebidang tanah miliknya kepada perkumpulan Nahdlatul Ulama…

Rektor IBN Pringsewu Dr Fauzi Bangga Wildan Raih Emas PON XXI Aceh

Pringsewu, Raolnews – Rektor Institut Bakti Nusantara (IBN) Lampung, Dr. Fauzi, dengan bangga menyambut kedatangan M. Wildan, atlet pencak silat yang berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON)…

Kamad MAN 1 Balam Dr Lukman Hakim Bersyukur, Kembali Siswanya Juarai Olimpiade Fisika UIN Raden Intan

Bandarlampung, Raolnews- Kembali menuai prestasi siswa MAN 1 Bandar Lampung dibawah kendali kepala Madrasah ( Kamad ) Dr Lukman Hakim, SPd.MM. Pada ajang Physics Festival 2024 UIN Raden Intan Lampung…

Sidang Penipuan 6,5 Miliar di PN CikarangTerdakwa Bimo Priambodo Ditunda

BEKASI, RAOLNEWSCOM — Sidang ke-tiga kasus penipuan dan pemalsuan yang diduga dilakukan oleh Setyawan Priyambodo alias Bimo harus ditunda oleh Hakim Ketua. Sebelumnya, majelis hakim telah membuka persidangan, Bimo juga…

Imbas Jokowi Lantik Alzier Gubernur, Rakyat Lampung Bakal ” Kelebah” Nikmati Uang Hampir 1 Triliun

Lampung, RAOLNEWS.COM- Alzier minta Jokowi melantik dirinya sebagai Gubernur Lampung dan anggaran Pemilihan Gubernur Lampung 2024 hampir sebesar 1 triliun atau senilai 763 miliar dapat digunakan untuk membangun infrastruktur di…