Antisipasi Radikalisme Dan Intoleransi, MAN 1 Bandar Lampung Gelar Seminar

Wed, 1 Feb 2023 03:44:53am

Raolnewscom – Civitas akademika MAN 1 Bandar Lampung mengikuti Pembinaan Wawasan Kebangsaan, pada Selasa (31/01/2023) yang dilaksanakan di gedung serba guna sekolah setempat.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Sinergitas Guna Mencegah Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme” bertujuan, guna mencegah masuknya paham radikalisme di lingkungan madrasah.

Kepala MAN 1 Bandar Lampung, Lukman Hakim,S.Pd.M.M mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan ini.

“Kegiatan ini dapat menumbuhkan dan memantapkan ideologi pancasila dan ini tentu sangat penting demi menjaga keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Bidang Madrasah Provinsi Lampung, Ahmad Rifai,S.E.M.M mengatakan, untuk mencegah paham radikalisme Kemenag sudah melakukan berbagai upaya. Di antaranya,dengan membentuk tim anti radikalisme, mensosialisasikan moderasi beragama dan mengimbau untuk selalu memiliki cinta tanah air dan bela negara.

“Mudah-mudahan dengan pembinaan ini dapat memperkokoh mentalisme dan pemahaman ideologi pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber yakni, Ipda Solikhin dari Polda Lampung menjelaskan, pembinaan diawali dengan pemaparan tentang sejarah paham anti radikalisme dan Terorisme di Indonesia.

Dicontohkan pula, beberapa kejadian di Timur Tengah seperti Suriah, Taliban dan Afghanistan hingga tindak pidana terorisme di Indonesia.

“Paham radikalisme menjadi momok yang menakutkan bagi keutuhan bangsa,apalagi saat ini banyak berita hoax yang juga berpotensi memecah persatuan dan kesatuan bangsa,” ungkapnya.

Ipda Solikhin juga menegaskan, pengikut paham radikalisme tidak menganut toleransi. Penganut radikalisme sangat fanatik terhadap madhab tertentu.

“Jangan sampai kita terpapar dari sisi pemahaman ( intoleransi), jangan sampai kita terpapar dari sisi sikap (radikalisme), dan jangan sampai kita terpapar dari sisi tindakan (terorisme),” pungkas Solikhin.(*)

News Feed

Calon DPD RI Almira Nabila Fauzi Raih 55 Ribu Suara di Pringsewu, Ismet Roni : Golkar Bakal Evaluasi Rekomendasi Kader Maju Pilkada 2024

RAOLNEWS.COM – Perolehan suara calon DPD RI Lampung Almira Nabila Fauzi Putri sulung Wabup Pringsewu 2017- 2022 berdasarkan hasil real Count KPU Lampung tanggal 22 Februari 2024 sebesar 299.859 (…

ALMIRA NABILA FAUZI Geser Petahana Abdul Hakim, Unggul 8.82 Persen Dengan Perolehan Suara 215.009

RAOLNEWS.COM – Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2) pukul 16.51 WIB, dengan data masuk 63,69 persen, Adik Mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim itu meraih 405.513 suara atau 16,64 persen….

Petahana DPD RI Lampung Terancam Tergeser, Hasil Quick Count Terpaut 0,5 Persen Dari Almira Fauzi, Pengamat : Quick Count Margin Error 4- 5 Persen

RAOLNEWS.COM- Posisi calon anggota DPD RI Dapil Lampung berdasarkan hitung cepat Rakata masih cair karena posisi Petahana hanya terpaut tidak sampai 1 persen dari pendatang baru Almira Nabila Fauzi. Menurut…

PT PLN UIW Papua dan Papua Barat Budiono Siapkan 1.244 Personel Sukseskan Pemilu 2024

RAOLNEWSCOM – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat menyiapkan 1.244 personel dalam rangka mengamankan sistem kelistrikan di wilayah setempat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk…

GM PLN UIW Papua Budiono Salurkan Program Gerobak Cahaya Bantuan UKM YBM PLN

RAOLNEWS.COM – Dalam Rangka Kunjungan Kerja General Manager PT PLN UIW Papua-Papua Barat berkesempatan menyambangi langsung penerima manfaat (Mustahik) Program Gerobak Cahaya. Dalam kunjungan General Manager PLN UIW Papua dan…