Ketua MUI Lampung Melarang Sabung Ayam Karena Merupakan Perbuatan Haram

Mon, 30 Jan 2023 09:53:34am

Raolnewscom – Tradisi atau kebiasaan sabung ayam itu biasanya dilakukan di kalangan masyarakat animisme, yang meyakini bahwa darah yg tertumpah dari yg pertarungan ayam itu menghibur dewa dewi mereka.

Tetapi untuk kalangan masyarakat modern yang rasional, perbuatan seperti itu (sabung ayam) justru menyiksa si ayam dan kalau ada manfaatnya ( menghibur/ jadi hiburan), maka mudharatnya lebih besar.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua MUI ( Majelis Ulama Indonesia) Lampung Prof Hi. Mukri, Senin 30 Januari 2023.

” Sabung ayam dalam pandangan Islam jelas jelas perbuatan yang di langgar oleh agama Islam karena lebih banyak Mudharat nya dari pada manfaatnya dan Islam secara tegas melarang perbuatan yang di anggap sia sia tersebut.

” Sabung ayam, dalam pandangan islam jelas tidak dibolehkan dan tidak dibenarkan alias haram hukumnya.

Mengapa, karena dalam sabung ayam ada dua ayam yg diadu ( ditarungkan). Di situ jelas terjadi penyiksaan terhadap hewan ( ayam jago) yg diadu itu.

Hukum nya sudah jelas dan tegas dilarang agama ( haram hukumnya).

Dasar haramnya, termasuk juga di dalamnya sabung ayam adalah Al-qur’an surah Al- Baqarah ayat 219.

Karena dalam sabung ayam ada dua ayam yg diadu ( ditarungkan). Di situ jelas terjadi penyiksaan terhadap hewan ( ayam jago) yg diadu itu, ” Tandas Mukri.

Seperti diketahui Perkumpulan Penggemar Ayam Indonesia (PPAI) Provinsi Lampung menggelar menggelar kontes ayam boxing di Gusti Rooster Company (GRC) Jalan Raden Gunawan, Hajimena, Lampung Selatan, Minggu (29/1/2023). Kontes yang mengusung tema ‘Melestarikan tradisi tanpa judi’ diikuti puluhan peserta penghobi ayam dari Seluruh Lampung.

Kontes ini merupakan yang pertama digelar PPAI sebagai upaya melestarikan tradisi penghobi ayam yang di Lampung diperkirakan lebih dari 3.000 penghobi. Kontes menampilkan kelas mini turnamen, eksebisi, dan galatama.

Pada sesi mini turnamen dibagi dua kelas yakni A dengan bobot ayam 2,8-3,0 kg dengan tampil 5×20 menit. Kemudian, kelas eksebisi dengan bobot ayam 2,6–3,6 kg dan durasi 3×20 menit. Selain itu, kelas galatama dengan bobot ayam 2,6–3,6 kg dan durasi 2×20 menit. Semua pemenang ditentukan dengan sistem poin.

Kontes ini merupakan tahapan untuk menggelar kontes ayam nasional di Lampung.

Pasca pandemi Covid-19, ekonomi Lampung harus bangkit. Salah satunya melalui komunitas hobi ayam ini.

Selain menggelar kontes, PPAI juga akan menggelar pelatihan juri agar memiliki sertifikat juri nasional. Pihaknya berharap melalui kontes ini potensi ekonomi dari hobi ayam ini ikut berkontribusi menggerakkan perekonomian Lampung.(jhn)

News Feed

Dr Fauzi Wakafkan Tanah Untuk NU Sukoharjo

Pringsewu, Raolnews– Bakal Calon Bupati Pringsewu yang juga Wakil Bupati Pringsewu Periode 2017 – 2024 DR H. Fauzi, SE, M.Kom, A.Kt, C.A.MA mewakafkan sebidang tanah miliknya kepada perkumpulan Nahdlatul Ulama…

Rektor IBN Pringsewu Dr Fauzi Bangga Wildan Raih Emas PON XXI Aceh

Pringsewu, Raolnews – Rektor Institut Bakti Nusantara (IBN) Lampung, Dr. Fauzi, dengan bangga menyambut kedatangan M. Wildan, atlet pencak silat yang berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON)…

Kamad MAN 1 Balam Dr Lukman Hakim Bersyukur, Kembali Siswanya Juarai Olimpiade Fisika UIN Raden Intan

Bandarlampung, Raolnews- Kembali menuai prestasi siswa MAN 1 Bandar Lampung dibawah kendali kepala Madrasah ( Kamad ) Dr Lukman Hakim, SPd.MM. Pada ajang Physics Festival 2024 UIN Raden Intan Lampung…

Sidang Penipuan 6,5 Miliar di PN CikarangTerdakwa Bimo Priambodo Ditunda

BEKASI, RAOLNEWSCOM — Sidang ke-tiga kasus penipuan dan pemalsuan yang diduga dilakukan oleh Setyawan Priyambodo alias Bimo harus ditunda oleh Hakim Ketua. Sebelumnya, majelis hakim telah membuka persidangan, Bimo juga…

Imbas Jokowi Lantik Alzier Gubernur, Rakyat Lampung Bakal ” Kelebah” Nikmati Uang Hampir 1 Triliun

Lampung, RAOLNEWS.COM- Alzier minta Jokowi melantik dirinya sebagai Gubernur Lampung dan anggaran Pemilihan Gubernur Lampung 2024 hampir sebesar 1 triliun atau senilai 763 miliar dapat digunakan untuk membangun infrastruktur di…