Ketua MUI Lampung Melarang Sabung Ayam Karena Merupakan Perbuatan Haram

Mon, 30 Jan 2023 09:53:34am

Raolnewscom – Tradisi atau kebiasaan sabung ayam itu biasanya dilakukan di kalangan masyarakat animisme, yang meyakini bahwa darah yg tertumpah dari yg pertarungan ayam itu menghibur dewa dewi mereka.

Tetapi untuk kalangan masyarakat modern yang rasional, perbuatan seperti itu (sabung ayam) justru menyiksa si ayam dan kalau ada manfaatnya ( menghibur/ jadi hiburan), maka mudharatnya lebih besar.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua MUI ( Majelis Ulama Indonesia) Lampung Prof Hi. Mukri, Senin 30 Januari 2023.

” Sabung ayam dalam pandangan Islam jelas jelas perbuatan yang di langgar oleh agama Islam karena lebih banyak Mudharat nya dari pada manfaatnya dan Islam secara tegas melarang perbuatan yang di anggap sia sia tersebut.

” Sabung ayam, dalam pandangan islam jelas tidak dibolehkan dan tidak dibenarkan alias haram hukumnya.

Mengapa, karena dalam sabung ayam ada dua ayam yg diadu ( ditarungkan). Di situ jelas terjadi penyiksaan terhadap hewan ( ayam jago) yg diadu itu.

Hukum nya sudah jelas dan tegas dilarang agama ( haram hukumnya).

Dasar haramnya, termasuk juga di dalamnya sabung ayam adalah Al-qur’an surah Al- Baqarah ayat 219.

Karena dalam sabung ayam ada dua ayam yg diadu ( ditarungkan). Di situ jelas terjadi penyiksaan terhadap hewan ( ayam jago) yg diadu itu, ” Tandas Mukri.

Seperti diketahui Perkumpulan Penggemar Ayam Indonesia (PPAI) Provinsi Lampung menggelar menggelar kontes ayam boxing di Gusti Rooster Company (GRC) Jalan Raden Gunawan, Hajimena, Lampung Selatan, Minggu (29/1/2023). Kontes yang mengusung tema ‘Melestarikan tradisi tanpa judi’ diikuti puluhan peserta penghobi ayam dari Seluruh Lampung.

Kontes ini merupakan yang pertama digelar PPAI sebagai upaya melestarikan tradisi penghobi ayam yang di Lampung diperkirakan lebih dari 3.000 penghobi. Kontes menampilkan kelas mini turnamen, eksebisi, dan galatama.

Pada sesi mini turnamen dibagi dua kelas yakni A dengan bobot ayam 2,8-3,0 kg dengan tampil 5×20 menit. Kemudian, kelas eksebisi dengan bobot ayam 2,6–3,6 kg dan durasi 3×20 menit. Selain itu, kelas galatama dengan bobot ayam 2,6–3,6 kg dan durasi 2×20 menit. Semua pemenang ditentukan dengan sistem poin.

Kontes ini merupakan tahapan untuk menggelar kontes ayam nasional di Lampung.

Pasca pandemi Covid-19, ekonomi Lampung harus bangkit. Salah satunya melalui komunitas hobi ayam ini.

Selain menggelar kontes, PPAI juga akan menggelar pelatihan juri agar memiliki sertifikat juri nasional. Pihaknya berharap melalui kontes ini potensi ekonomi dari hobi ayam ini ikut berkontribusi menggerakkan perekonomian Lampung.(jhn)

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…