Ketua LSM GMBI Terdakwa Penistaan Profesi Wartawan Se Kabupaten Pesawaran Jalani Sidang Lanjutan

Tue, 29 Nov 2022 02:50:31pm

Raolnewscom- Sidang lanjutan tindak Pidana Undang Undang (UU) ITE terhadap Profesi Wartawan berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Gedong Tataan dengan terdakwa Zaidan (45) Ketua LSM GMBI Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Ari Saputra mengatakan, agenda sidang hari ini adalah pemeriksaan saksi atau pembuktian.

“Hari ini kita hadirkan enam saksi atau pelapor, yang terdiri dari lima Ketua Lembaga wartawan yang ada di Kabupaten Pesawaran dan satu Ketua LSM GMBI kabupaten setempat,” kata Ari, Selasa (29/11).

Dijelaskan, sebelumnya Ketua LSM GMBI Pesawaran Abdul Manaf sebelumnya telah dilakukan persidangan, dan saat ini persidangan Ketua LSM GMBI Kecamatan Teluk Pandan.

“Jadi mereka berdua tidak dilakukan persidangan secara berbarengan karena terdakwa Zaidan sempat melarikan diri, dan akhirnya berhasil diamankan Polres Pesawaran,” ujarnya.

Menurutnta, hasil dari persidangan yang dilakukan, dari semua keterangan para saksi, dibenarkan oleh terdakwa Zaidan, yang artinya Ia mengakui semua perbuatannya.

“Terdakwa Zaidan juga mengaku salah atas perbuatannya, dan diakhir persidangan terdakwa Zaidan juga sempat meminta maaf kepada para pelapor atas perbuatannya yang menyinggung rekan-rekan wartawan di Pesawaran,” kata dia.

Ia menuturkan, pasal yang akan dikenakan kepadanya, ada empat dakwaan, dua diantaranya adalah UU ITE, dan ancaman terberat adalah pasal 28 dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.

“Namun dari empat pasal tersebut kita belum tau yang mana yang akan didakwakan, karena proses persidangan masih belum selesai, dan jika sudah selesai baru kita akan tentukan yang mana paling terbukti dari 4 pasal itu,” timpalnya.

“Nanti, pada Selasa 6 Desember 2022, akan kembali digelar persidangan dengan menghadirkan empat ahli, yaitu ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan Dewan Pers,” pungkasnya.(tim)

Wartawan Se Kabupaten Pesawaran,Lampung Tidak Terima Profesi Wartawan Dilecehkan dan Di Nista oleh Ketua LSM GMBI Teluk Pandan
Saat Di Polres Pesawaran .

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…