Institut Bakti Nusantara Keluarkan Program RPL, Akses Pendidikan Tinggi

Wed, 2 Aug 2023 07:22:03pm

RAOLNEWS.COM- Institut Bakti Nusantara (IBN) mengeluarkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), hal ini dilaksanakan berdasarkan peraturan menteri pendidikan kebudayaan, riset,dan teknologi Republik Indonesia nomor 41 tahun 2021.

Menurut Rektor IBN DR.H.Fauzi, kampus IBN mengeluarkan program baru yang telah disepakati oleh para pimpinan IBN Dekan FTKOM, Muslihudin M.T.I, Dekan FEB, Didi.ST.,M.Kom. Kaprodi IBN, Suyono.M.T.I., dan operator BAK Widianto.,M.T.I yaitu Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Rabu (2/8) bertempat di ruang kerjanya.

Ia menambahkan program terlaksana berdasarkan implementasi, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Periode 2017–2022, RPL adalah salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk mengakui kualifikasi seseorang serta memberikan motivasi dan kepercayaan diri seseorang untuk terus belajar sepanjang hayat.

“Tujuan Program ini untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi, sehingga dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, Serta memberikan kesempatan kepada masyarakat yang telah memiliki pengalaman pada suatu bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu untuk memajukan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperolehnya sehingga mendapatkan kredit akademik melalui asesmen (RPL),” ungkapnya.

Di tempat yang sama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) IBN, Didi Susianto.ST.,M.Kom, menjelaskan, untuk kampus RPL Tipe A dilakukan melalui pengakuan, Capaian Pembelajaran secara parsial untuk melanjutkan ke Pendidikan formal, yaitu pengakuan hasil belajar yang diperoleh dari, program studi pada Perguruan Tinggi sebelumnya, pendidikan nonformal atau informal dan,pengalaman kerja setelah lulus jenjang pendidikan menengah atau bentuk lain yang sederajat.

Persyaratan peserta, paling rendah lulus sekolah menengah atas atau bentuk lain yang sederajat dan , memiliki pendidikan nonformal, informal, atau pengalaman kerja yang relevan dengan program studi pada Perguruan Tinggi yang akan ditempuh.

“Perolehan Kredit Skema RPL Tipe A bisa melalui proses rekognisi, Pendidikan Formal dan pengalaman kerja, ataupun Pendidikan Nonformal, Informal,” ujarnya. (*)

News Feed

Calon DPD RI Almira Nabila Fauzi Raih 55 Ribu Suara di Pringsewu, Ismet Roni : Golkar Bakal Evaluasi Rekomendasi Kader Maju Pilkada 2024

RAOLNEWS.COM – Perolehan suara calon DPD RI Lampung Almira Nabila Fauzi Putri sulung Wabup Pringsewu 2017- 2022 berdasarkan hasil real Count KPU Lampung tanggal 22 Februari 2024 sebesar 299.859 (…

ALMIRA NABILA FAUZI Geser Petahana Abdul Hakim, Unggul 8.82 Persen Dengan Perolehan Suara 215.009

RAOLNEWS.COM – Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2) pukul 16.51 WIB, dengan data masuk 63,69 persen, Adik Mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim itu meraih 405.513 suara atau 16,64 persen….

Petahana DPD RI Lampung Terancam Tergeser, Hasil Quick Count Terpaut 0,5 Persen Dari Almira Fauzi, Pengamat : Quick Count Margin Error 4- 5 Persen

RAOLNEWS.COM- Posisi calon anggota DPD RI Dapil Lampung berdasarkan hitung cepat Rakata masih cair karena posisi Petahana hanya terpaut tidak sampai 1 persen dari pendatang baru Almira Nabila Fauzi. Menurut…

PT PLN UIW Papua dan Papua Barat Budiono Siapkan 1.244 Personel Sukseskan Pemilu 2024

RAOLNEWSCOM – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat menyiapkan 1.244 personel dalam rangka mengamankan sistem kelistrikan di wilayah setempat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk…

GM PLN UIW Papua Budiono Salurkan Program Gerobak Cahaya Bantuan UKM YBM PLN

RAOLNEWS.COM – Dalam Rangka Kunjungan Kerja General Manager PT PLN UIW Papua-Papua Barat berkesempatan menyambangi langsung penerima manfaat (Mustahik) Program Gerobak Cahaya. Dalam kunjungan General Manager PLN UIW Papua dan…