Guru Besar UI : Akademi Dan LSM Berikan Edukasi Pemilih 2024 Jangan Berorientasi Uang

Fri, 21 Oct 2022 03:47:34pm

Raolnewscom -Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Maswadi Rauf meminta para akademisi dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) agar memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat Indonesia menjelang hari pemungutan suara Pemilu 2024.

“Akademisi dan LSM seharusnya melakukan apa yang disebut dengan voters education atau pendidikan untuk para pemilih. Ini tugas berat,” ujar Maswadi saat menjadi narasumber dalam kuliah umum bertajuk Pembangunan Politik di Era Reformasi Menjelang Pemilu Serentak 2024, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube ILMU POLITIK FISIP UNPAD, di Jakarta, Jumat malam.

Dengan pendidikan pemilih itu, lanjut dia, para pemilih dalam Pemilu 2024 tidak akan memilih pemimpin Indonesia berikutnya karena iming-iming uang atau politik uang, faktor adanya kekerabatan ataupun sekadar dipengaruhi oleh rasa kagum.

Sebaliknya dengan pendidikan pemilih, menurut Maswadi, masyarakat Indonesia dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin yang benar-benar memiliki kemampuan membawa Indonesia menjadi negara maju sehingga demokrasi Indonesia dapat terjaga kualitasnya.

Sejauh ini, Maswadi menilai politik uang ataupun politik kekerabatan di Indonesia menjadi persoalan dalam pemilu yang belum terselesaikan secara optimal. Ia mengatakan politik kekerabatan yang ada di Tanah Air menyebabkan rendahnya kualitas pemimpin sehingga demokrasi Indonesia tidak menghasilkan perbaikan kehidupan rakyat.

Terkait dengan praktik politik uang dalam pemilu, menurut Maswadi, hal tersebut menyebabkan para pemilih tidak memilih pemimpin berdasarkan kemampuan dan rekam jejak mereka.

Dengan demikian, kata dia, sebagaimana teori mengenai perilaku dalam pemilu, pemimpin yang terpilih karena politik uang tidak peduli terhadap kepentingan rakyat karena mereka menilai urusannya dengan rakyat telah selesai setelah terpilih.

“Jadi, (politik uang) seperti orang jual beli. Contohnya, saya calon wali kota, saya kasih uang kepada pemilih, pemilih pilih saya, itu jual beli. Setelah jual beli, Anda bawa uang, saya bawa hak suara Anda. Selesai, tidak ada urusan saya dengan pemilih. Oleh karena itu, wajar kalau orang yang dipilih tidak memperhatikan kepentingan rakyat,” jelas Maswadi.( ANTARA)

Maswadi Rauf Dari Universitas Indonesia agar Jangan Orientasi Uang

News Feed

Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan Prof Rudy Dilantik Nahkodai Alumni IKA Unila

RAOLNEWS.COM -Pelantikan IKA Unila sempat tertunda 2 tahun baru terealisasi hari ini, 20 April 2024. Acara pelantikan berlangsung di Hotel Grand Mercure hadir Ketua Umum IKA Komjen Pol Prof Rudy…

Beredarnya Video di Pelabuhan Bakauheni, Ini Penjelasan pihak ASDP

RAOLNEWS.COM -Terkait beredar nya video dikalangan wartawan terkait pelayanan pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, ini penjelasan ASDP Bakauheni, Lampung. Penjelasan terkait pelayanan di Pelabuhan Bakauheni pada 14 April 2024, sekitar pk…

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….