Kiat Koperasi Sehat Ala Alzier Dianist

Tue, 25 Jul 2023 11:59:02am

RAOLNEWS.COM – Koperasi yang dicita-citakan proklamator Muhammad Hatta sejatinya ingin membuat anggotanya sejahtera. Namun kenyataannya, tak sedikit koperasi justru jadi ajang kesempatan para pengurusnya.

Tokoh pendiri Kabupaten Pesawaran Alzier Dianis Thabranie memberikan kita khusus agar koperasi bisa sehat. Menurutnya, koperasi harus dikelola dengan profesional.

“Kadang-kadang orang koperasi ini nakal. Memanfaatkan koperasi untuk kepentingan pribadi,” ujar Alzier di depan awak media saat peresmian Koperasi Sempurna Jaya di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Pesawaran, Selasa (25/7/2023).

Alzier sudah 25 tahun lebih menjadi Ketua Puskud Lampung. Dia paham betul seluk-beluk koperasi. Dia mengatakan, sebuah usaha bisa berjalan lancar atau tidak, tergantung dari tata kelola perusahaan tersebut, termasuk juga koperasi. Koperasi bisa berjalan dengan lancar dan berkembang jika dikelola dengan baik. Pengelolaan tugas dari masing-masing anggota dan pengelolaan keuangan dalam koperasi harus jelas dan rapi.

“Dalam koperasi, masalah pengelolaan keuangan menjadi sangat penting, karena modal yang didapat tidak berasal dari satu orang melainkan dari semua anggota. Untuk menghindari adanya kesalahan pengelolaan yang sangat fatal, maka ada baiknya jika sebuah koperasi memiliki software akuntansi yang bisa digunakan kapan saja secara mudah, cepat dan efisien,” ujar Alzier.

Koperasi Sempurna Jaya adalah koperasi pertanian yang dibentuk pengusaha sukses Batin Perwira Kusuma. Koperasi ini dibentuk setelah Batin sukses memiliki perusahaan di Jakarta. Dia ingin koperasi ini bisa meningkatkan taraf hidup perekonomian di Pesawaran. Koperasi ini membina sekitar petani yang menanam pisang di lahan 350 hektar.

Anggota DPD RI Ahmad Bastian, meminta Dinas Koperasi mendukung Koperasi Sempurna Jaya ini. Bastian yang ikut meresmikan yakin, model koperasi ini bisa maju. Sebab, usahanya jelas dan memiliki manajemen yang bagus. Apalagi Batin Perwira sampai mendatangkan manajer dari Jakarta.

Hadir dalam peresmian itu, Kepala Dinas Koperasi Pesawaran Muhammad Iqbal, anggota DPRD Lampung Iswan Hendi Caya, para tokoh adat serta ratusan warga. (Octavian Toro)

News Feed

Sidang Penipuan 6,5 Miliar di PN CikarangTerdakwa Bimo Priambodo Ditunda

BEKASI, RAOLNEWSCOM — Sidang ke-tiga kasus penipuan dan pemalsuan yang diduga dilakukan oleh Setyawan Priyambodo alias Bimo harus ditunda oleh Hakim Ketua. Sebelumnya, majelis hakim telah membuka persidangan, Bimo juga…

Imbas Jokowi Lantik Alzier Gubernur, Rakyat Lampung Bakal ” Kelebah” Nikmati Uang Hampir 1 Triliun

Lampung, RAOLNEWS.COM- Alzier minta Jokowi melantik dirinya sebagai Gubernur Lampung dan anggaran Pemilihan Gubernur Lampung 2024 hampir sebesar 1 triliun atau senilai 763 miliar dapat digunakan untuk membangun infrastruktur di…

Rektor IBN Fauzi Buka Open Turnamen Catur

Pringsewu, RAOLNEWS.COM -Perguruan Tinggi Institut Bhakti Nusantara (IBN) Pringsewu-Lampung gelar Open Turnamen Catur Rektor IBN Cup Pringsewu ke-3 tahun 2024. Diikuti 156 peserta dengan menyediakan total hadiah Rp9 juta. Pertandingan…

Terpilih Secara Sah Dan Demokratis, Presiden Jokowi Wajib Menjamin Hak Konstitusi Alzier

LAMPUNG, RAOLNEWS.COM- Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) diminta bersikap tegas dan harus bisa memastikan hak politik M.Alzier Dianis Thabranie sebagai Gubernur Lampung Terpilih yang hingga kini tak kunjung dilantik. Padahal…

Tokoh Agama Pringsewu Ngeluruk Partai Demokrat, Ambilkan Formulir Bupati Untuk Fauzi

RAOLNEWS.COM–Tokoh agama Kabupaten Pringsewu, mengambilkan formulir untuk DR.Fauzi dengan posisi bakal calon Bupati Pringsewu di Sekretariat DPD Partai Demokrat pringsewu, di Pekon Tambahrejo, Gadingrejo. Kedatangan tokoh agama terdiri delapan Ustadz…