Kiat Koperasi Sehat Ala Alzier Dianist

Tue, 25 Jul 2023 11:59:02am

RAOLNEWS.COM – Koperasi yang dicita-citakan proklamator Muhammad Hatta sejatinya ingin membuat anggotanya sejahtera. Namun kenyataannya, tak sedikit koperasi justru jadi ajang kesempatan para pengurusnya.

Tokoh pendiri Kabupaten Pesawaran Alzier Dianis Thabranie memberikan kita khusus agar koperasi bisa sehat. Menurutnya, koperasi harus dikelola dengan profesional.

“Kadang-kadang orang koperasi ini nakal. Memanfaatkan koperasi untuk kepentingan pribadi,” ujar Alzier di depan awak media saat peresmian Koperasi Sempurna Jaya di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Pesawaran, Selasa (25/7/2023).

Alzier sudah 25 tahun lebih menjadi Ketua Puskud Lampung. Dia paham betul seluk-beluk koperasi. Dia mengatakan, sebuah usaha bisa berjalan lancar atau tidak, tergantung dari tata kelola perusahaan tersebut, termasuk juga koperasi. Koperasi bisa berjalan dengan lancar dan berkembang jika dikelola dengan baik. Pengelolaan tugas dari masing-masing anggota dan pengelolaan keuangan dalam koperasi harus jelas dan rapi.

“Dalam koperasi, masalah pengelolaan keuangan menjadi sangat penting, karena modal yang didapat tidak berasal dari satu orang melainkan dari semua anggota. Untuk menghindari adanya kesalahan pengelolaan yang sangat fatal, maka ada baiknya jika sebuah koperasi memiliki software akuntansi yang bisa digunakan kapan saja secara mudah, cepat dan efisien,” ujar Alzier.

Koperasi Sempurna Jaya adalah koperasi pertanian yang dibentuk pengusaha sukses Batin Perwira Kusuma. Koperasi ini dibentuk setelah Batin sukses memiliki perusahaan di Jakarta. Dia ingin koperasi ini bisa meningkatkan taraf hidup perekonomian di Pesawaran. Koperasi ini membina sekitar petani yang menanam pisang di lahan 350 hektar.

Anggota DPD RI Ahmad Bastian, meminta Dinas Koperasi mendukung Koperasi Sempurna Jaya ini. Bastian yang ikut meresmikan yakin, model koperasi ini bisa maju. Sebab, usahanya jelas dan memiliki manajemen yang bagus. Apalagi Batin Perwira sampai mendatangkan manajer dari Jakarta.

Hadir dalam peresmian itu, Kepala Dinas Koperasi Pesawaran Muhammad Iqbal, anggota DPRD Lampung Iswan Hendi Caya, para tokoh adat serta ratusan warga. (Octavian Toro)

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…