Rektor IBN Dr Fauzi Dan Pengamat Ekonomi Adhitya Wardhono PhD Sepakat Tidak Panik Hadapi Resesi

Sat, 12 Nov 2022 12:04:41pm

RAOLNEWSCOM – Rektor Institut Teknologi Dan Bisnis Bakti Nusantara IBN) Lampung, Dr Fauzi dan Pengamat ekonomi Universitas Jember (Unej) Adhitya Wardhono PhD sama sama meminta masyarakat tidak terlalu panik menghadapi ancaman resesi dunia.
Ternyata mereka mempunyai pandangan dan kiat tersendiri dalam mempersiapkan hadapi ancaman resesi dunia ke depannya .

Adhitya Wardhono, PhD mengatakan resesi ekonomi global perlu diwaspadai tetapi jangan terlalu berlebihan hingga menyebabkan masyarakat resah.

“Resesi perlu diwaspadai, tetapi jangan terlalu didramatisasi. Tentunya optimisme dan komunikasi kebijakan yang baik diperlukan guna menjaga ekspektasi masyarakat,” katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, pemberitaan terkait resesi ekonomi global sifatnya harus objektif dan perlu dikaji secara hati-hati karena perbandingan antara kondisi perekonomian global dan dalam negeri perlu diterangkan secara lugas.

“Hal itu untuk menghindari asimetris informasi serta ketakutan masyarakat yang berlebihan atas resesi ekonomi yang diprediksi terjadi pada tahun 2023,” tuturnya.

Ia menjelaskan sinergi kebijakan menjadi kunci dari stabilitas perekonomian yang diwujudkan melalui bauran kebijakan nasional yang akomodatif.

“Sejalan dengan bauran kebijakan nasional, bauran kebijakan Bank Indonesia pada 2023 harus terus mendorong pemulihan ekonomi nasional dan menjaga stabilitas,” ucap pakar moneter Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unej itu.

Hal tersebut antara lain dilakukan dengan didukung stabilisasi nilai tukar rupiah, kebijakan makroprudensial akomodatif, dan percepatan digitalisasi sistem pembayaran.

Adhitya mengatakan intinya arah kebijakan moneter difokuskan untuk menjaga stabilitas pro-stability, baik pencapaian sasaran inflasi, stabilitas nilai tukar, maupun stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan di tengah proses pemulihan ekonomi nasional.

“Meski dalam hal ini juga secara paralel BI memiliki kebijakan lainnya yang diarahkan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional pro-growth,” ujarnya.

Sementara Rektor Institut Tekhnologi Dan Bisnis Bakti Nusantara Lampung Dr. Fauzi, mengungkapkan saat ini kita wajib bersiap siap menghadapi resesi dunia.
Menurut Wakil Bupati Pringsewu Priode 2017-2022 dirinya mempunyai program sederhana.

Yaitu Gerakan K3 dalam menghadapi resesi dunia
untuk Kabupaten tidak perlu khawatir akan inflasi seperti dampak kenaikan harga harga .

Seperti harga cabe yang terkadang melambung salah satu penyumbang inflasi.

Ada gerakan K3 ( kolam, kebun, kandang) dalam menghadapi resesi dunia.
Seperti di daerah Kabupaten Pringsewu, maupun Kabupaten lainnya di Provinsi Lampung sangat cocok di buatkan gerakan K3.

” Mau makan ikan tinggal ambil dikolam, mau makan sayuran dan buah ambil dikebun hingga mau makan daging tinggal potong ternak peliharaan.

Untuk masyarakat di Kabupaten tidak perlu terlalu perlu khawatir akan resesi dunia, ujar Dr Fauzi. (ANTARA/*)Pengamat Ekonomi Universitas Jember Adhitiya Wardhono PhD da Rektor IBN Dr Fauzi tidak perlu khawatir hadapi resesi dunia

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…