ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan Bom Terhadap Wartawan Afghanistan

Sun, 12 Mar 2023 08:21:42pm

RAOLNEWSCOM -Kabul – Sebuah bom meledak di kota Mazar-i-Sharif di Provinsi Balkh, Afghanistan, menewaskan satu orang dan lima orang lainnya, termasuk sejumlah jurnalis, mengalami luka-luka. Kelompok ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom itu.
Dilansir AFP, Senin (13/3/2023), pemboman pada Sabtu (11/3) itu terjadi di sebuah acara untuk menghormati jurnalis Afghanistan. Serangan itu terjadi dua hari setelah seorang pembom bunuh diri membunuh gubernur Taliban di provinsi Balkh dalam serangan yang juga diklaim oleh ISIS.

“Serangan terhadap jurnalis itu disebabkan oleh paket bom yang berhasil ditempatkan dan diledakkan oleh pejuang ISIS pada acara yang diadakan di pusat budaya di Mazar-i-Sharif, ibu kota provinsi Balkh,” kata ISIS dalam sebuah pernyataan di Amaq News.

“Ledakan itu menargetkan rapat umum yang diadakan di dalam sebuah pusat Syiah untuk memberi penghargaan kepada beberapa jurnalis yang bekerja di lembaga yang terlibat dalam perang dan hasutan melawan ISIS,” tambah pernyataan itu.

Ledakan Bom Guncang Afghanistan, 1 Orang Tewas-5 Lainnya Luka
Polisi menyebut seorang penjaga keamanan tewas, sementara lima wartawan dan tiga anak terluka dalam serangan bom itu.

Gubernur Balkh, Mohammad Dawood Muzammil, tewas Kamis (9/3) oleh seorang pelaku bom bunuh diri di kantornya di Mazar-i-Sharif. Serangan itu juga diklaim oleh ISIS.

Pembunuhan Muzammil, yang dikenal memerangi jihadis ISIS, menandai salah satu serangan tingkat tertinggi sejak Taliban kembali berkuasa pada 2021.

Kekerasan di seluruh Afghanistan telah menurun secara dramatis sejak Taliban merebut kendali, tetapi situasi keamanan kembali memburuk dengan ISIS mengklaim beberapa serangan mematikan.

Taliban dan ISIS berbagi ideologi Islam Sunni yang keras, tetapi yang terakhir berjuang untuk mendirikan kekhalifahan global alih-alih tujuan Taliban yang lebih berwawasan ke dalam untuk memerintah Afghanistan yang merdeka.

Serangan ISIS di Afghanistan sering menargetkan komunitas minoritas Syiah dan Sufi, serta orang asing dan kepentingan asing.(***)

Taliban VS ISIS. ( Ilustrasi)

News Feed

Calon DPD RI Almira Nabila Fauzi Raih 55 Ribu Suara di Pringsewu, Ismet Roni : Golkar Bakal Evaluasi Rekomendasi Kader Maju Pilkada 2024

RAOLNEWS.COM – Perolehan suara calon DPD RI Lampung Almira Nabila Fauzi Putri sulung Wabup Pringsewu 2017- 2022 berdasarkan hasil real Count KPU Lampung tanggal 22 Februari 2024 sebesar 299.859 (…

ALMIRA NABILA FAUZI Geser Petahana Abdul Hakim, Unggul 8.82 Persen Dengan Perolehan Suara 215.009

RAOLNEWS.COM – Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2) pukul 16.51 WIB, dengan data masuk 63,69 persen, Adik Mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim itu meraih 405.513 suara atau 16,64 persen….

Petahana DPD RI Lampung Terancam Tergeser, Hasil Quick Count Terpaut 0,5 Persen Dari Almira Fauzi, Pengamat : Quick Count Margin Error 4- 5 Persen

RAOLNEWS.COM- Posisi calon anggota DPD RI Dapil Lampung berdasarkan hitung cepat Rakata masih cair karena posisi Petahana hanya terpaut tidak sampai 1 persen dari pendatang baru Almira Nabila Fauzi. Menurut…

PT PLN UIW Papua dan Papua Barat Budiono Siapkan 1.244 Personel Sukseskan Pemilu 2024

RAOLNEWSCOM – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat menyiapkan 1.244 personel dalam rangka mengamankan sistem kelistrikan di wilayah setempat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk…

GM PLN UIW Papua Budiono Salurkan Program Gerobak Cahaya Bantuan UKM YBM PLN

RAOLNEWS.COM – Dalam Rangka Kunjungan Kerja General Manager PT PLN UIW Papua-Papua Barat berkesempatan menyambangi langsung penerima manfaat (Mustahik) Program Gerobak Cahaya. Dalam kunjungan General Manager PLN UIW Papua dan…