KH Ismail Zulkarnain: Tonjolkan Prestasi Anak Yatim, Bukan Kemiskinan Dan Keyatimannya

Fri, 30 Dec 2022 02:04:09am

Raolnewscom – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadus Sholihin, KH Ismail Zulkarnain mengajak pondok pesantren lainnya yang ada di Provinsi Lampung untuk menunjukkan prestasi anak yatim binaannya.

“Bukan keyatimannya atau kemiskinannya, tapi prestasinya. Ketika itu ditonjolkan, maka nanti umat yang akan datang,” kata dia, di Bandarlampung, Jumat.

Ismail melanjutkan, kewajiban umat muslim adalah untuk menyantuni dan membahagiakan anak yatim agar bisa mandiri. Karena itu, pengurus pondok pesantren diharapkan juga bisa menggali potensi mereka seperti mengaji, menghafal Alquran, ceramah, bela diri, dan menyekolahkan mereka sampai pada bangku kuliah hingga menjadi juara.

“Kalau kita punya konsep bagaimana di ponpes ini mereka bisa jadi orang yang intelektual tapi hafal Alquran,” kata dia pula.

Dalam menghafal Alquran, Ponpes Riyadus Sholihin mempunyai cara tersendiri untuk anak didiknya. Bagi yang bisa menghafal Alquran sebanyak 30 juz, lanjut Ismail, akan mendapatkan hadiah untuk berangkat menunaikan ibadah umrah.

“Saya lakukan ini dalam rangka keprihatinan terhadap nasib anak yatim. Mereka hidup yatim bukan keinginannya, melainkan adalah takdir,” katanya.

Menurut Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Bandarlampung itu, selama ini masih ada sejumlah anak yatim yang dijadikan marketing. Marketing dalam hal digunakan atau diperalat untuk mencari uang.

Bahkan, katanya lagi, ada yang dengan berpura-pura memelihara anak yatim, dan dengan sengaja menyewa tempat untuk membuat plang yatim piatu agar bisa mendapatkan bantuan.

“Bahkan ada yang sampai punya cabang, itu namanya penipuan mengatasnamakan anak yatim. Kita ini adalah dakwah dengan tujuan agar orang tidak menyepelekan anak yatim, kalau ada tidak masalah, tapi ini kan tidak ada. Ini sama saja merusak citra anak yatim,” kata dia lagi.(ANTARA)

KH Ismail Zulkarnain Pimpinan Ponpes Riyadus Sholihin.

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…