SMP Negeri 5 Bandung Dengan Segudang Prestasi Lahirkan Tokoh Nasional BJ Habibie Dan Artis Papan Atas

Sat, 24 Dec 2022 05:01:00am

Raolnewscom -Ternyata selain sebagai sekolah terfavorit di Bandung karena segudang prestasinya SMP Negeri 5 Bandung banyak melahirkan tokoh terkenal maupun artis papan atas seperti Prof BJ Habibie mantan Presiden Republik Indonesia, artis Iwan Fals, artis Raffi Ahmad, bahkan Ketua Umum partai Demokrat yang juga putra sulung mantan Presiden SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono adakah alumnus SMPN Negeri 5 Bandung.

SMP Negeri 5 Bandung adalah salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Sekolah ini beralamat di Jl. Sumatera No. 40, Bandung.

SMP Negeri 5 Bandung didirikan tahun 1920 oleh Belanda. Saat itu masih bernama MULO Bandung. Lama pendidikannya sekitar 5 tahun. Para murid biasanya berasal dari bangsa Belanda, tapi ada juga yang berasal dari bangsa lain, seperti India, Cina, dan bangsa Indonesia. Saat penjajahan Jepang, sekolah ini berubah fungsi menjadi penjara orang-orang Belanda dan berubah nama menjadi Kompetai. Saat kemerdekaan Indonesia, fungsinya dikembalikan menjadi sekolah.

Baru tahun 1950-an, namanya diganti menjadi SMP Negeri 5 Bandung.

Sudah menjadi kewajiban orang tua mencarikan sekolah terbaik bagi sang buah hati.

Rasanya akan lebih tenang jika menyekolahkan anak di tempat yang bagus sebagai upaya agar anak siap menghadapi masa depan.

Bandung adalah wilayah pendidikan yang banyak dipilih orang tua Indonesia.

Salah satu alasannya adalah karena Bandung merupakan kota metropolitan dengan segala modernisasi yang bagus dalam mendampingi masa pertumbuhan anak menuju dewasa.

Karena itulah tidak heran jika banyak yang mencari SMP N terbaik di Bandung.

Nah, salah satu penentu yang terbaik adalah berdasarkan nilai UN terakhir sekolah tersebut.

Semakin tinggi nilai UN yang dihasilkan lulusan sekolah terkait, maka semakin berkualitas pula SMP tersebut.

Berdasarkan nilai UN tertinggi pada tahun 2019 terakhir, SMPN 5 Bandung menempati posisi pertama dengan nilai rata-rata 85,30.

Sekolah yang beralamat di Jl. Sumatra no.40 ini memiliki segudang prestasi di bidang akademik yang membuatnya berhasil meraih akreditasi A.

Salah satu tokoh terkenal Indonesia, BJ Habibie merupakan lulusan SMP ini.
Semua warga Bandung rasanya pasti tahu sekolah yang satu ini. Sekolah ini konsisten dengan prestasi-prestasinya di bidang akademik yang membuatnya tetap menjadi sekolah favorit. Salah satu keunikan sekolah ini adalah menara kembarnya. Menara itu dibuat sekitar tahun 1933 oleh Belanda dan jadi ciri khas SMPN 5 Bandung.

Selain terletak di pusat kota, bangunan yang representatif juga memang menjadi kelebihan sekolah ini. Lapangan yang luas, ruangan kelas yang banyak, dan banyaknya taman, menimbulkan efek ”betah” bagi siswa-siswanya.
Taman yang paling terkenal dan sudah ada sejak dulu adalah Taman Kartini yang terletak di tengah bangunan sekolah. Taman yang cukup luas ini punya dua lingkaran yang suka dipakai ngumpul para siswa. Taman Kartini ini biasanya dipakai untuk acara kumpul bareng atau ceramah jika ada hari besar. Taman di sekolah membuat siswa merasa nyaman dan dan suasana jadi asri.

Alumnus sekolah ini diantaranya Bacharuddin Jusuf Habibie dan Iwan Fals, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono bahkan Raffi Ahmad.

Sebelumnya dalam sebuah acara reuni SMP Negeri 5 Bandung dilaksanakan acara sharing dan learning forum yang dibuka oleh Mayor (Inf.) Agus Harimurti Yudhoyono. Lulusan terbaik Akmil tahun 2000 itu saat ini menjadi Ketua Umum Partai Demokrat berbagi kisah tentang perjalanannya dari mulai bangku sekolah hingga bisa menjadi perwira menengah di kesatuan Kostrad.

“Jika dulu kita selalu dinasihati agar giatlah belajar tapi jangan lupa bermain. Kini telah berganti menjadi mainlah yang giat tapi jangan lupa belajar. Sebab, ilmu bisa didapatkan di mana saja,” ujar Agus.

Tokoh Nasional Sekaliber BJ Habibie, Artis Papan Atas Iwan Fals Dan Raffi Ahmad, Bahkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono Merupakan Alumnus SMP Negeri 5 Bandung.
Kegiatan ini juga diramaikan oleh beberapa alumni perwakilan dari berbagai profesi lain. Mereka berbagi cerita soal pilihan karier yang ternyata sesuai dengan hobinya pada masa lalu. Diantaranya Yayan Rudiwan, Jalu Wirajati, Harry Martawijaya, Shanty Yulianti Ph.D, dan Manik “La Luna” Purwakrishna.(tim)

News Feed

Alzier Minta Tokoh Masyarakat Di Pesawaran Lawan ” SENGKUNI” Penyebar Fitnah Bupati

RAOLNEWS.COM – Alzier minta yang disebut sebagai bapak dan anak yang sudah tidak laku jual di Kabupaten pesawaran sebagai pihak yang menyebarkan fitnah dan merupakan pihak yang sudah tidak laku…

Apresiasi Advokat Anti Suap Yunizar Akbar, Penunjukan Komjen Reinhard Sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan

RAOLNEWS.COM -Menteri Hukum Dan Hak Azasi Manusia Yasonna H Laoly menunjuk Irjen Pol. Reinhard Silitonga sebagai PLT Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Sebelum menjabat sebagai PLT Dirjen Pemasyarakatan, Jenderal Polisi berbintang tiga…

Tuai Prestasi 82 Peserta Didik MAN 1 Bandar Lampung Lolos SNBP Unila 2024, Peringkat Pertama Se Lampung

RAOLNEWS.COM- Universitas Lampung merilis data hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024 di kampus tersebut. Totalnya ada sebanyak 24.805 orang siswa SMA sederajat yang mendaftar Unila dari jalur SNBP….

Hanan Rozak di Usung Bakal Gubernur Lampung Dengan Ketua Golkar Arinal

BANDAR LAMPUNG, RAOLNEWSCOM – DPP Partai Golkar dikabarkan akan “mengusung” Hanan A. Rozak sebagai Bakal Calon Gubernur Lampung. Bersama Ketua Golkar Lampung Arinal Junaidi yang bakal di usung oleh Golkar….

RIRIN dan FAUZI Kandidat Pilbub Pringsewu, Kuat Mana Lawan Ipar Gubernur Untuk Peroleh Tiket Golkar

RAOLNEWS.COM – Dari tiga kandidat Calon Bupati Pringsewu yang di sebut sebut akan maju di Pilkada Pringsewu 2024 terdapat tiga nama santer dikalangan masyarakat, ternyata berdasarkan versi pelaporan LHKPN tahun…