Aktivis Al Maarif Lampung Johan Syahril : Sholat Istisqa Sunah Sangat di Anjurkan Dan Bisa Wajib Bila Perintah Pemerintah, Polresta Bandar Lampung Gelar Sholat Minta Hujan

Sun, 15 Oct 2023 04:06:46am

RAOLNEWSCOM- Kekeringan yang terjadi akibat dampak Elnino membuat pihak Polresta Bandar Lampung dibawah pimpinan Kapolresta Kombes Pol. Ino Harianto secara bersama sama mengadakan doa meminta rahmat Allah SWT agar diturunkan hujan.

Doa bersama yang di inisiasi oleh Polresta Bandar Lampung menggelar sholat Istisqo dan doa bersama dilaksnakan pada Rabu (11/10/2023) pagi.

Digelar di Lapangan Mapolresta Bandar Lampung, kegiatan diikuti oleh seluruh personel Polresta Bandar Lampung dan perwakilan Polsek Jajaran.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto, S.I.K., M.M., Para Pejabat Utama Polresta Bandar Lampung dan Para Kapolsek.

Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto dalam sambutannya menjelaskan bahwa dampak El Nino membuat sebagian atau hampir seluruh wilayah di Indonesia dilanda kemarau Panjang yang memicu beberapa bencana seperti kekeringan dan kebakaran lahan atau hutan.

“Yang terjadi di kota Bandar Lampung saat ini adalah mulai timbulnya kekeringan di sejumlah kelurahan, dari data yang ada, sudah banyak kelurahan yang setiap hari, secara bergantian, di suplai air bersih” ungkap Kombes Pol Ino.

Lebih lanjut, Kapolresta Bandar Lampung Kombes Pol Ino Harianto menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai salah upaya yang dilakukan seorang hamba memohon kepada Allah SWT, untuk menurunkan rahmat-Nya dengan hujan yang bermanfaat.

“Kita meminta kepada Allah SWT, melalui solat istisqo yang pagi ini sama sama kita lakukan, niat baik kita insya Allah akan dibalas dengan kebaikan, harapan kita semua, doa doa kita yang ada disini, mewakili masyarakat kota Bandar Lampung di ijabah oleh Allah SWT” Ungkap Kombes Pol Ino.

Ustadz Muhammad Nene Abas, S.Ag sebagai imam memimpin pelaksanaan shalat Istisqo dan doa bersama di Mapolresta Bandar Lampung.

Dalam khutbahnya, Ustadz Muhammad Nene Abas mengajak umat muslim senantiasa menginstropeksi diri, bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT dengan harapan Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya khususnya untuk meminta rahmat hujan di musim kemarau panjang saat ini.

Setelah pelaksanaan sholat Istisqo, kegiatan ditutup dengan doa bersama.

Menurut Johan Syahril aktivis Ormas Keagamaan Al Khariyah Lampung, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim mengerjakan sholat Istisqa untuk meminta hujan.

Lanjut johan Syahril menjelaskan, holat Istisqa biasanya dikerjakan saat kemarau panjang dan kekeringan melanda. Sholat ini dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan,” ujar Johan Syahril juga aktivis Al Maarif Lampung salah satu lembaga milik Nahdlatul Ulama.

“Hukum sholat Istisqa adalah sunah muakadah atau sangat dianjurkan. Sholat Istisqa hukummnya sunah muakadah bagi laki-laki dan perempuan.

Bahkan, hukum sholat Istisqa bisa berubah menjadi wajib jika diperintahkan oleh pemerintah, ” tegas Johan Syahril.

” Sholat Istisqa dikerjakan secara berjemaah di lapangan terbuka. Sunahnya dikerjakan oleh masyarakat, ulama, hingga pejabat.

Mereka bisa berkumpul di lapangan untuk memanjatkan doa dan melaksanakan sholat Istisqa bersama-sama. Jemaah juga dianjurkan mengenakan pakaian sederhana yang jauh dari kata mewah, ” akhir Johan Syahril.( jhn)

Sholat minta hujan Sunah yang diwajibkan menurut Johan Syahril ( ist)

News Feed

Calon DPD RI Almira Nabila Fauzi Raih 55 Ribu Suara di Pringsewu, Ismet Roni : Golkar Bakal Evaluasi Rekomendasi Kader Maju Pilkada 2024

RAOLNEWS.COM – Perolehan suara calon DPD RI Lampung Almira Nabila Fauzi Putri sulung Wabup Pringsewu 2017- 2022 berdasarkan hasil real Count KPU Lampung tanggal 22 Februari 2024 sebesar 299.859 (…

ALMIRA NABILA FAUZI Geser Petahana Abdul Hakim, Unggul 8.82 Persen Dengan Perolehan Suara 215.009

RAOLNEWS.COM – Menurut rekapitulasi KPU per Jumat (16/2) pukul 16.51 WIB, dengan data masuk 63,69 persen, Adik Mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim itu meraih 405.513 suara atau 16,64 persen….

Petahana DPD RI Lampung Terancam Tergeser, Hasil Quick Count Terpaut 0,5 Persen Dari Almira Fauzi, Pengamat : Quick Count Margin Error 4- 5 Persen

RAOLNEWS.COM- Posisi calon anggota DPD RI Dapil Lampung berdasarkan hitung cepat Rakata masih cair karena posisi Petahana hanya terpaut tidak sampai 1 persen dari pendatang baru Almira Nabila Fauzi. Menurut…

PT PLN UIW Papua dan Papua Barat Budiono Siapkan 1.244 Personel Sukseskan Pemilu 2024

RAOLNEWSCOM – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat menyiapkan 1.244 personel dalam rangka mengamankan sistem kelistrikan di wilayah setempat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk…

GM PLN UIW Papua Budiono Salurkan Program Gerobak Cahaya Bantuan UKM YBM PLN

RAOLNEWS.COM – Dalam Rangka Kunjungan Kerja General Manager PT PLN UIW Papua-Papua Barat berkesempatan menyambangi langsung penerima manfaat (Mustahik) Program Gerobak Cahaya. Dalam kunjungan General Manager PLN UIW Papua dan…